Menhub Bakal Cerita Mudik Tahun Ini yang Jadi Momentum Kebangkitan Industri Penerbangan

- Senin, 16 Mei 2022 | 21:50 WIB
Angkasa Pura I siap hadapi lonjakan Angkutan Lebaran 2022.
Angkasa Pura I siap hadapi lonjakan Angkutan Lebaran 2022.

+Changi Aviation Summit 2022

JAKARTA, jakarta.suaramerdeka.com -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri kegiatan Changi Aviation Summit 2022 yang berlangsung di Singapura pada 17-18 Mei 2022. Pertemuan itu di antaranya untuk membahas upaya pemulihan industri penerbangan yang berkelanjutan dan inklusif.

Kegiatan itu juga menjadi ajang pertemuan perdana sektor penerbangan yang dilakukan secara tatap muka selama pandemi Covid-19.

“Besok kami akan berbagi cerita dengan sejumlah negara, mengenai upaya pemulihan industri penerbangan nasional yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satunya yang akan kami ceritakan yaitu, momentum mudik tahun ini yang menjadi titik kebangkitan industri penerbangan dan ekonomi Indonesia,” ucap Menhub di Singapura, Senin (16/5).

Menhub mengungkapkan, di tengah berkurangnya armada pesawat yang beroperasi pada mudik tahun ini, namun tetap mampu mengoptimalkan pergerakannya, sehingga lonjakan penumpang yang terjadi tetap dapat terlayani dengan baik.

Baca Juga: Kembali Bumbak Restaurant, Restaurant Stylish Favorit Para Selebriti

Bahkan jumlah pergerakan pesawat dan penumpang di masa mudik menembus angka tertinggi selama pandemi dan hampir mendekati masa sebelum pandemi. “Ini menunjukkan penerbangan dalam negeri sudah mulai tumbuh,” ujarnya.

Pada Selasa besok (17/5), Menhub dijadwalkan akan menghadiri sesi pembukaan pertemuan tingkat tinggi dengan menjadi panelis diskusi bertema “Reviving Aviation Rebuilding Connection”, bersama sejumlah panelis yakni: Menteri Transportasi Malaysia Wee Ka Siong, CEO Singapore Airlines Goh Choon Pong, CEO Narita Airport Akihiro Tamura, Dirjen Mobilitas dan Transportasi Komisi Uni Eropa Henrik Hololei, dan perwakilan dari Federal Aviation Administration (FAA).

Setelah itu, Menhub juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pihak, di antaranya dengan pimpinan perusahaan pesawat dunia yaitu Boeing, dan pertemuan dengan Dirjen Transportasi dan Mobilitas Komisi Uni Eropa.

Baca Juga: Dul Jaelani; Qodir Band Adalah Band Rock Suka-suka.

Kegiatan tahunan ini diselenggarakan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura/Civil Aviation Authority Singapore (CAAS) dan Kementerian Transportasi Singapura, yang dihadiri oleh berbagai unsur mulai dari regulator atau pemerintah dari sekitar 45 negara dan juga dihadiri oleh sejumlah otoritas penerbangan internasional seperti International Civil Aviation Organization (ICAO), Federal Aviation Administration (FAA), dan European Union (EU), dan juga pelaku industri penerbangan seperti operator bandara, maskapai penerbangan, pabrikan pesawat, dan unsur terkait lainnya.

Turut hadir dalam kunjungan Menhub ke Singapura, Sekretaris Jenderal yang juga Plt Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Stafsus Menhub Bidang SDM dan Kehumasan yakni Jubir Kemenhub Adita Irawati, dan sejumlah jajaran Kemenhub.

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:30 WIB
X