Terkecuali Kegiatan di Ruang Tertutup dan Transportasi Umum, Jokowi Umumkan Lepas Masker

- Selasa, 17 Mei 2022 | 18:42 WIB
Presiden RI Joko Widodo memutuskan untuk melonggarkan penggunaan masker di kalangan masyarakat saat beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka (Tangkapan layar instagram/@jokowi)
Presiden RI Joko Widodo memutuskan untuk melonggarkan penggunaan masker di kalangan masyarakat saat beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka (Tangkapan layar instagram/@jokowi)

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com
Setelah memerhatikan kondisi penanganan pandemi Covid di Indonesia yang semakin terkendali, Presiden RI Joko Widodo memutuskan untuk melonggarkan penggunaan masker di kalangan masyarakat saat beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka.

Namun, Jokowi menegaskan pelonggaran itu tak berlaku untuk kegiatan di ruang tertutup dan transportasi publik.

"Untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transport publik tetap harus gunakan masker," ujar Jokowi dalam pernyataan pers yang disampaikan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5) petang.

Pemerintah memutuskan melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka boleh untuk tidak gunakan masker," kata dia seperti disiarkan langsung via saluran Youtube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Jemaah Minimal Harus Sudah Dapat Vaksin Covid-19 Kedua, Dana Haji Siap Disalurkan ke Arab Saudi

Selain itu, bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki komorbid, pemerintah menyarankan tetap menggunakan masker dalam beraktivitas.

"Juga masyarakat yang mengalami gejala batuk pilek maka tetap harus gunakan masker ketika melakukan aktivitas," katanya.

Sebelumnya mewajibkan masker dilaksanakan pemerintah pusat sejak awal April 2020 silam. Wajib masker diputuskan pemerintah berdasarkan anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).***

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puan Dinilai Capres yang Kuat

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:37 WIB
X