Mengapa FFWI Harus Tetap Ada dan Mengada?

- Rabu, 18 Mei 2022 | 10:57 WIB
FFWI (Ffwi)
FFWI (Ffwi)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com, - Keberadaan sebuah Festival Film, baik di skala lokal, nasional dan internasional merupakan sebuah keniscayaan. Tersebab keberadaan dan keberlanjutan sebuah festival, teristimewa festival film, tidak hanya merupakan kontributor penting bagi perkembangan budaya, ekonomi, dan sosial budaya di wilayah tempat festival itu didirikan, dan mengada.

Tetapi juga telah menjadi mata rantai penting dalam rantai industri film. Karena dalam festival film, menawarkan jangkauan nasional dan internasional untuk sebuah film. Juga ada kesepakatan distribusi, peluang, hingga ulasan. Karena hanya di festival film, film diperbincangkan, "ditemani", dan dirayakan secara khusus.

Bahkan di festival film independen sekalipun, tetap menawarkan kemungkinan perusahaan produksi dan pembuat film yang lebih kecil, untuk bersinar di antara rekan-rekan PH arus utama yang lebih mapan.

Baca Juga: Kuliah Umum Benny Benke di Fakultas Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia Berlangsung Hangat

Karena hanya di festival film,
kreatifitas menemukan rumahnya. Oleh karena itu, festival film, juga FFWI (Festival Film Wartawan Indonesia), adalah bagian penting dari kalender acara penggiat perfilman, baik untuk mengirimkan film atau hanya sekedar menjadi bagian dari penonton.

Turunannya, festival film menjadi tempat penemuan dan ritual, di mana film dan bioskop dapat dieksplorasi dan dikonsumsi oleh penonton dari segala usia dan minat. Festival film adalah tempat di mana pembuat film baru dapat mengungkapkan karya mereka kepada dunia dan penonton dapat menemukan bakat baru. Hingga program retrospektif dapat menempat sebuah karya film untuk dihormati dan ditemukan kembali.

Baca Juga: Benny Benke Beri Kuliah Umum di UI

Dengan demikian, festival film menawarkan peluang besar bagi film masyarakat film itu sendiri.

Jadi, jika ada pertanyaan Kenapa FFWI tahun 2022, atau FFWI 2023 masih harus diselenggarakan? Ini jawaban mustahaknya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puan Dinilai Capres yang Kuat

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:37 WIB
X