Vaksin Polio Terbaru Dapat Penghargaan Global

- Kamis, 19 Mei 2022 | 17:07 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com -- Bio Farma mendapatkan penghargaan dari dunia internasional, untuk produk novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2). Hanya saja, vaksin tersebut tidak digunakan di Indonesia, mengingat Indonesia sudah dinyatakan bebas polio sejak tahun 2014

Menurut Dirut Honesti Basyir, kondisi tersebut menunjukan bahwa vaksin nOPV2 tersebut secara genetik lebih stabil.

"Vaksinnya sudah mendapatkan emergency use authorization (EUA) dari Badan POM dan juga Emergency Use Listing (EUL) dari WHO sebagai persetujuan penggunaan dalam keadaan darurat, sehingga diharapkan adanya vaksin polio generasi terbaru, dunia bisa terbebas dari penyakit polio," katanya dalam keterangannya, Kamisn(19/5/2022)

Sejak pertama kali diproduksi pada 2020, Bio Farma sampai saat ini telah memproduksi lebih dari 300 juta dosis vaksin tersebut untuk memenuhi kebutuhan dunia sesuai rekomendasi dari The Global Polio Eradication Initiative (GPEI) dan UNICEF.

Baca Juga: Menegangkan, Panahan Indonesia Raih Emas Hanya Selisih Satu Poin dari Malaysia

nOPV2 sendiri merupakan vaksin baru pertama di dunia, yang merupakan versi modifikasi dari OPV monovalen tipe 2 (mOPV2) yang sudah ada.

Secara uji klinis, nOPV2 ini memberikan perlindungan yang sama terhadap virus polio tipe 2. Lebih dari itu, terjadinya cVDPVC atau Circulating Vaccine Derived Poliovirus yakni munculnya kembali kasus polio dari mutasi virus dalam vaksin, kecil.

Penggunaan nOPV2 dalam kondisi Emergency Use Listing (EUL), telah direkomendasikan oleh Strategic Advisory Group of Experts (SAGE) on Immunization, sebuah lembaga independen yang merekomendasikan nOPV2 untuk mengatasi wabah Polio, dan juga Global Polio Eradication Initiative (GPEI) untuk memastikan bahwa pada masa EUL ini, tetap memperhatikan standar keamanan.

Baca Juga: Siapkan SDM Digital Unggul dan Berdaya Saing, Kominfo Sediakan Pelatihan dan Beasiswa

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X