Yuh, Alumni FISIP UNS Di Mana pun, Wujudkan Segera Gedung Alumni Corner, Representatif Sanget!

- Jumat, 20 Mei 2022 | 16:40 WIB

SOLO, jakarta.suaramerdeka.com - Tak lama lagi para alumni FISIP UNS bakal memiliki gedung sendiri yang megah di lingkungan kampus. Gedung Alumni Corner memiliki tiga lantai bernuansa ramah lingkungan, terbuka, diharapkan menjadi pemantik agar para alumni bisa sesering mungkin kembali ke kampus. 
 
"Kami berharap para alumni tak segan datang. Apa pun profesi mereka. Di Alumni Corner bisa bicara santai maupun serius. Bahkan bisa mengundang pakar lain untuk diskusi. Gedung itu cukup representatif karena memiliki ruang pamer, ruang diskusi, cafe coffee, dan lainnya," kata Dekan Fisip UNS, Prof Dr Ismi Dwi Astuti Nurhaeni MSi, di Solo, Jumat. 
 
Alumni Corner diperkirakan menyerap dana sekitar Rp 2,8 miliar. Bisa saja dana untuk membangunnya dimintakan kepada universitas.
 
Tetapi sesuai namanya, Ismi berharap dana datang dari patungan para alumni. Sejak 1976 hingga 2018 saja setidaknya ada 44 angkatan. Jika diasumsikan setiap angkatan ada 100 lulusan maka saat ini sedikitnya ada 4.400 alumni
 
 
Doktor lulusan UGM ini mengatakan saat ini Fisip sebagai bagian tak terpisahkan dari UNS tengah memasuki gerbang World Class University.
 
"Kami terus berbenah. Baik menyangkut Tri Dharma Perguruan Tinggi maupun pemenuhan sarana dan prasarana, studens exchange,  lectures exchange, serta berbagai kolaborasi intelektual yang lain, " ucap guru besar berpenampilan modis ini. 
 
Akan halnya bangunan Alumni Corner, menurut Ismi, amat penting karena pada dasarnya perguruan tinggi harus terus menjaga hubungan dengan para alumninya. Itu pula yang menjadi satu tolok ukur keberhasilan fakultas. 
 
 
Kampus Fisip kini bernuansa hijau karena areal terbukanya dipenuhi rimbunnya pepohonan besar dan taman apik. Green campus ini gedung-gedungnya didominasi warna orange kemerahan. Public space ada di beberapa wilayah dilengkapi gazebo dan kantin. Pendek kata amat cocok untuk aktifitas mahasiwa saat diskusi, pameran, bersosialisasi, atau sekedar bercengkerama. 
 
Kini Fisip memiliki empat program studi S1, tiga program magister (S2), dan program doktor (S3). Ada pun program S1 Ilmu Administrasi Negara terbagi dalam peminatan : kebijakan publik, manajemen publik, dan administrasi pembangunan. S1 Komujikasi spesialisasinya jurnalistik, public relation, radio, dan video. 
 
Kemudian S1 Sosiologi. S1 Hubungan Internasional dengan peminatan utama politik kerjasama internasional, komunikasi internasional dan diplomasi publik. 
 
 
Saat berdiri 11 Maret 1976 Fisip hanya memiliki dua program S1. Yakni Ilmu Komunikasi Massa dan Ilmu Administrasi Negara. 

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perpusnas Sejahterakan Masyarakat

Senin, 5 Desember 2022 | 15:46 WIB
X