Peringati 24 Tahun Reformasi, Puan Maharani Kenang Kesibukan di Dapur Umum

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 13:48 WIB
Puan Maharani sempat menyajikan makanan sederhana bagi para aktivis di masa reformasi 1998. (Foto : IG/@puanmaharaniri)
Puan Maharani sempat menyajikan makanan sederhana bagi para aktivis di masa reformasi 1998. (Foto : IG/@puanmaharaniri)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Tepat 24 tahun silam, Indonesia memasuki era baru paska runtuhnya Orde Baru, yakni masa reformasi. Banyak pihak yang terlibat dan terkenang dengan peristiwa lahirnya reformasi di tanah air, tak terkecuali Ketua DPR RI Puan Maharani.

Saat itu, Puan Maharani baru menginjak usia 25 tahun. Sebagai pemudi yang baru lulus kuliah, ia turut terlibat dan menyaksikan proses pelengseran Presiden Soeharto yang telah berkuasa selama 32 tahun.

Dia bercerita, setiap hari banyak orang turun ke jalan dan berada di sekitar rumahnya di Kebagusan pada saat itu. Bahkan, Puan sampai tidak bisa keluar rumah karena banyaknya orang yang ingin melengserkan kekuasaan Presiden Soeharto.

“Di depan pagar rumah saya itu terjadi. Saya masih gadis muda yang tidak bisa keluar rumah,” ujar Puan Maharani, Sabtu (21/5/2022).

Baca Juga: Hasto: PDIP Bisa Usung Capres - Cawapres Sendiri

Namun karena tetap ingin berperan dalam proses reformasi itu, dia pun memutuskan menjadi juru masak untuk menyediakan konsumsi para aktivis yang lalu lalang di depan rumahnya. Cucu proklamator Bung Karno ini masih ingat persis menu yang ia masak saat itu, yakni ikan, tempe, tahu dan sayur sop.

“Saat itu masak seberapa pun banyaknya tidak cukup. Sayurnya asal cemplung. Sop yang penting airnya banyak atau sayurnya yang banyak,” kenang Puan.

Tak terasa, kini sudah 24 tahun berlalu sejak peristiwa reformasi yang berhasil melengserkan Soeharto. Puan tumbuh dari gadis muda belia menjadi politisi yang berpengalaman. Politisi PDI-P ini pun menilai reformasi telah menjadi bagian penting bukan hanya bagi karir politiknya, tapi juga sebagai bagian dari sejarah bangsa ini.

Menurutnya, reformasi membawa perubahan untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang merdeka sesuai harapan Bung Karno, yang akhirnya membuat bangsa ini lebih maju dari sebelumnya. Karena itu, dia berharap agar generasi muda terus menjaga semangat reformasi.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Puan Dinilai Capres yang Kuat

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:37 WIB

Miliki Pandangan Sama, PSI Potensial Gabung KIB?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:52 WIB

DPR Siap Selenggarakan Sidang Tahunan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:36 WIB

Ronny Talapessy Kuasa Hukum Baru Bharada E

Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:00 WIB

Teater Impian Dream Theater

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:51 WIB
X