Keren, Anak Indonesia Unjuk Teater di Jepang

- Senin, 23 Mei 2022 | 06:23 WIB
Teater Tanah Air sedsng berlatih ei TIM (Istimewa)
Teater Tanah Air sedsng berlatih ei TIM (Istimewa)

JAKARTA, Jakarta.Suaremerdeka.com,- Akhir Juli 2022 nanti, Teater Tanah Air akan mentas di Toyama, Jepang. Jose Rizal Manua selaku Pimpinan sekaligus Sutradara teater anak-anak tersebut, tentu saja happy. Karena anak-anak asuhannya akan unjuk teater di Jepang. Karenanya, sampai saat ini, mereka semua sedang giat-giatnya berlatih.

Teater Tanah Air didirikan oleh Jose Rizal Manua di Jakarta, pada 14 September 1988. Grup teater ini telah menjuarai berbagai festival teater anak-anak tingkat dunia. Tidak mengherankan, pada bulan Juli 2022 nanti, mereka diundang untuk mentas di pesta teater anak-anak di Jepang. Luar biasa! Keren.

Yang mengundang adalah Komite The World Festival of Children's Performing Arts in Toyama, Jepang. Dalam undangan resmi tersebut, Jose Rizal Manua dan Teater Tanah Air adalah satu-satunya kelompok teater dari Indonesia yang akan tampil di Toyama, Jepang.

Baca Juga: Kuliah Umum Benny Benke di Fakultas Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia Berlangsung Hangat

Selain grup teater dari Indonesia, juga diundang grup teater dari 16 negara lain. Di antaranya, grup teater anak-anak dari Inggris, Rusia, Kanada, Argentina, Cina, Thailand, dan Vietnam. Artinya, Teater Tanah Air dipercaya menjadi bagian dari diplomasi Indonesia terhadap bangsa-bangsa di dunia, melalui seni budaya.

Untuk pementasan di Toyama, Jepang, tersebut, Teater Tanah Air akan mementaskan Help, naskah teater karya Putu Wijaya. Kita tahu, Putu Wijaya adalah tokoh teater terkemuka Indonesia, yang pada Senin, 11 April 2022 lalu, merayakan ulang tahunnya yang ke-78. Jose Rizal Manua akan bertindak sebagai Sutradara.

Jose Rizal Manua saat memimpin latihan Teater Tanah Air di TIM Jakarta (Isson Khairul)

Bagi Teater Tanah Air dan Jose Rizal Manua, undangan untuk mentas di The World Festival of Children's Performing Arts in Toyama, Jepang, pada bulan Juli 2022 ini, adalah untuk yang kedua kalinya. "Yang pertama, pada 1-6 Agustus 2004, dengan tema The Asia Pacific Festival of Children’s Theatre, yang dilangsungkan di Tayamaken Takaoka Bunka Hall," kata Jose Rizal Manua di sesela latihan di TIM, Jakarta, Minggu (22/5/2022).

Baca Juga: Benny Benke Beri Kuliah Umum di UI

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPP DKI Jakarta Apresiasi Penutupan Holywings

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:01 WIB

Kapolri Gelar Festival Nusantara Gemilang

Rabu, 29 Juni 2022 | 09:23 WIB
X