Pencabutan PPKM Jangan Sampai Timbulkan Euforia Berlebih

- Rabu, 25 Mei 2022 | 12:34 WIB
Rencana pencabutan PPKM jangan sampai membuat masyarakat lalai terhadap Covid-19 yang masih ada. (Foto : Istimewa)
Rencana pencabutan PPKM jangan sampai membuat masyarakat lalai terhadap Covid-19 yang masih ada. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Pemerintah diminta mempertimbangkan kembali rencana pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

Menurut Ketua DPR RI, Puan Maharani, jika memang berniat mencabut PPKM, maka pemerintah harus terlebih dahulu menyiapkan strategi yang matang sebagai langkah antisipatif.

“Perlu ada strategi yang matang dan komprehensif mengenai rencana pencabutan PPKM agar tidak menimbulkan euforia berlebihan di tengah masyarakat,” ujar Puan, Rabu (25/5/2022).

Politisi PDI Perjuangan ini bisa memahami jika kondisi Covid-19 di Indonesia yang sudah semakin terkendali. Meski begitu, perencanaan yang matang diperlukan untuk tetap membuat masyarakat tetap waspada terhadap virus Covid-19 yang masih ada.

Baca Juga: Hadapi Hepatitis Akut, Satuan Pendidikan Diminta Tingkatkan Kebersihan Lingkungan

Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sampai saat ini juga belum resmi mencabut status pandemi Covid-19 dunia. Ia meminta pemerintah untuk terus bekerja sama dengan pakar dan epidemiologi untuk mengevaluasi kebijakan PPKM.

Dengan demikian, pemerintah bisa menemukan formula yang tepat sehingga ketika PPKM dicabut maka masyarakat sudah siap dan memahami bagaimana agar tetap berhati-hati dan waspada dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Kita tidak ingin pencabutan PPKM membentuk pola pikiran bahwa Indonesia sudah bebas dari Covid-19. Karena kurangnya awareness terhadap hal itu akan memicu lonjakan kasus,” tukas Puan Maharani.

Dia juga meminta pemerintah terus berkoordinasi dengan DPR terkait rencana pencabutan PPKM, termasuk dengan mewaspadai berbagai kemungkinan yang bisa terjadi apabila kebijakan tersebut diterapkan.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

HT Pimpin Konsolidasi & Bimtek Partai Perindo

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:46 WIB

Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:22 WIB

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 09:37 WIB
X