Perbaiki Tanggul Jebol Milik Lamicitra, Pelindo Siapkan 3600 Sand Bag

- Kamis, 26 Mei 2022 | 10:08 WIB
Pelindo Regional 3 Tanjung Emas, Semarang menyiapkan 3600 sand bag atau karung pasir untuk membantu memperbaiki tanggul jebol milik PT Lamicitra Nusantara. (Foto: Dok.Pelindo Regional 3)
Pelindo Regional 3 Tanjung Emas, Semarang menyiapkan 3600 sand bag atau karung pasir untuk membantu memperbaiki tanggul jebol milik PT Lamicitra Nusantara. (Foto: Dok.Pelindo Regional 3)

 

SEMARANG,suaramerdeka-jakarta.com – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 Tanjung Emas, Semarang menyiapkan 3600 sand bag atau karung pasir untuk membantu memperbaiki tanggul jebol milik PT Lamicitra Nusantara.

Langkah inisiatif ini dilakukan agar banjir rob di area pelabuhan tidak semakin meluas. Kejadian banjir rob merupakan fenomena alam yang rutin terjadi setiap tahunnya.

BMKG sebelumnya telah memprediksi fenomena rob akan terjadi di area pesisir pantai utara jawa mulai tanggal 20 Mei lalu hingga per 25 Mei.

Namun dengan jebolnya tanggul PT Lamicitra tersebut, air rob menjadi semakin tinggi dan berdampak pada aktivitas operasional pelabuhan.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Gandeng Pemkab Sleman Kembangkan Budidaya Padi Gunakan Pupuk Organik ExtraGEN

General Manager Pelabuhan Tanjung Emas, Hardianto menyampaikan, Pelindo telah menyiagakan sedikitnya 32 unit mesin pompa air dengan kapasitas hingga 800 lt/detik yang tersebar di sejumlah titik-titik rawan banjir rob.

Jika tidak ada tanggul yang jebol, sistem pompa ini sebenarnya mampu menangani hingga ketinggian pasang 130 cm.

Pihaknya juga turut mendukung perbaikan tanggul milik PT Lamicitra yang jebol dengan menyiapkan sand bag untuk menutup sementara tanggul jebol di sisi luar pelabuhan, serta terus berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Setempat dan PT Lamicitra untuk teknis pemasangan tanggul sand bag tersebut.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puan Dinilai Capres yang Kuat

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:37 WIB

Miliki Pandangan Sama, PSI Potensial Gabung KIB?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:52 WIB

DPR Siap Selenggarakan Sidang Tahunan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:36 WIB

Ronny Talapessy Kuasa Hukum Baru Bharada E

Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:00 WIB

Teater Impian Dream Theater

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:51 WIB
X