Standar Budaya Jos, FISIP UNS Menangi Lomba Kampus Inklusi

- Kamis, 26 Mei 2022 | 16:23 WIB
SOLO, jakarta.suaramerdeka.com - Fakultas Ilmu Sowial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) meraih  Juara 1 Lomba Kampus Inklusi Antar Fakultas di kampus tersebut. Mewakili FISIP, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si menerima piala, piagam dan berbagai hadiah lainnya
 
Lomba yang diprakarasi oleh Pusat Studi Difabilitas Universitas Sebelas Maret di bawah pimpinan Prof. Dr. Munawir Yusuf M.Psi. Tujuannya mengukur seberapa inklusi sebuah fakultas dengan menggunakan metrik bernama UNS Matric Inclusion.
 
Metrik yang sejatinya digunakan untuk mengukur seberapa inklusif sebuah perguruan tinggi diujicobakan oleh Pusat Studi Difabilitas di Tingkat Fakultas di UNS
 
Prof. Dr. Sunardi, M.Sc, menjelaskan dasar pengembangan metrik ini adalah beberapa model pengukuran dan perankingan kualitas pendidikan tinggi yang ada, indeks inklusi sekolah di Inggris, Peraturan Menteri yang mengatur Pendidikan inklusif di perguruan tinggi, dan model penjaminan mutu Badan Akreditasi Nasional  Perguruan Tinggi (BAN PT).
 
 
Di aras UNS matrik ini menerjemahkan Standar Penjaminan Mutu Internal Tambahan UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Metrik terdiri dari borang dan skala penilaian sikap.
 
Skala penilaian sikap digunakan untuk mengukur standar budaya. Skala ini diisi oleh perwakilan dosen, perwakilan tenaga kependidikan, mahasiswa non-disabilitas dan mahasiswa disabilitas.
 
Adapun komponen skala terdiri dari tujuh indikator, yaitu:  memahami konsep disabilitas, mengakui hak warga disabilitas mengikuti pendidikan tinggi, Inklusif atau eksklusif,  menghargai keberagaman dan anti diskriminasi, mendukung lingkungan pendidikan yang ramah terhadap keberagaman warganya, ekspektasi/harapan terhadap mahasiswa disabilitas, dan  kesediaan memberi dukungan dan bantuan untuk warga disabilitas. 
 
 
Responden menyampaikan sikap mereka dengan memilih empat opsi, yaitu sangat tidak setuju (STS), tidak setuju (TS), setuju (S) dan sangat setuju (SS) terhadap butir-butir pernyataaan (sebagian pernyataan positif dan sebagian pernyataan negatif) merepresentasikan ketujuh standar.
 
Sedangkan Borang Laporan Evaluasi Diri (LED) merupakan instrumen untuk mengukur standar kebijakan dan standar praktik layanan mahasiswa disabilitas secara inklusif.
 
Diraihnya predikat Juara 1 kampus Inklusi antar Fakultas di UNS tahun 2022 ini mendukung FISIP sebagai kampus yang humanism governance demi terwujunya FISIP Leading the Future Society.
 
 
Meskipun secara struktural FISIP UNS belum memiliki unit khusus terkait disabilitas, namun demikian FISIP menerima mahasiswa disabilitas, salah satunya adalah Karisma Evi Tiarani peraih rekor paralimpiade Tokyo 2020 untuk  atletik 100 meter T42 mahasiswa Angkatan 2021  Program Studi Ilmu Komunikasi. 
 
Kemenangan FISIP salah satunya didukung oleh kegiatan publikasi tentang Disabilitas yang cukup masif dilakukan oleh anggora Riset Grup bernama  Pelayanan Publik Berbasis Human Governance, salah satunya dilakukan oleh  Dr. Rina Herlina Haryanti, S.Sos, M.Si, dosen Program Studi Ilmu Administrasi Negara sebagai peraih 14 besar Calon Komisioner Komisi Nasional Disabilitas  Republik Indonesia melalui Penelitian, Publikasi di Jurnal Nasional, Prosiding Internasional, maupun media.  
 
Inklusifitas di FISIP juga dihadirkan dalam kegiatan-kegiatan ilmiah. Untuk memfasilitasi beberapa webinar bertema inklusi,  FISIP UNS juga sudah menyediakan Juru Bahasa Isyarat  dengan melibatkan mahasiswa dari S1 Pendidikan Luar Biasa (PLB) UNS,
 
 
beberapa kegiatan diantaranya adalah webinar Himpunan mahasiswa Administrasi Negara FISIP UNS dengan tema “Inklusivitas Pelayanan Publik Membangun Konstruksi Sosial Penyandang Disabilitas Era Pandemi”  dan agenda Censor Komunitas Riset di FISIP UNS dalam kegiatan Ngopisari dengan topik disabilitas yang berjudul "Membangun Pendidikan yang Inklusif bagi Penyandang Disabilitas" . 

Editor: Budi Nugraha

Tags

Terkini

Tragedi Kanjuruhan Jangan Sampai Terulang

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:59 WIB
X