Di Sela Acara Pernikahan dengan Adik Presiden Jokowi, Anwar Usman Juga "Mengawinkan" MK dengan FISIP UNS

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 06:47 WIB
SOLO, jakarta.suaramerdeka.com - Di sela Ketua Mahkamah (MK) Dr. Anwar Usman SH, MH, melakukan pernikahan dengan Idayati, adik kandung Presiden Djokowi, ternyata juga "mengawinkan" MK dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Univeritas Sebelas Maret (UNS). 
 
Perjanjian Kerjasama dua institusi ditandatangani sebelum Anwar Usman melaksanakan akad nikah.
 
"Ya, kami sepakat bekerjasama dan. MoU kami tandatangani Rabu 25 Mei 2022 lalu," Kata Dekan UNS Prof Dr Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, MSi, kepada suaramerdeka, di Solo, Jumat. 
 
Acara penandatanganan itu seperti disatukan dengan rangkaian acara pernikahan Anwar Usman. Terhadap hal ini Ismi tak mengelak. Memanfaatkan momentum itu menjadi efisien ketimbang harus membuat jadwal khusus.
 
 
Ia menambahkan perjanjian kerjasama tersebut diteken sebagai kelanjutan dari ditandatanganinya Nota Kesepahaman (MoU) antara UNS dengan MK RI, tentang Peningkatan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara dan Mutu Pendidikan Tinggi Hukum, pada 2 Maret yang lalu.

Acara penandatanganan naskah kerjasama digelar di Aula FISIP UNS. Selain dihadiri Ketua MK RI, Anwar Usman, juga disaksikan Hakim MK Prof. Arief Hidayat, dan Dekan FISIP UNS Prof Dr Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, MSi. 

Dalam kesempatan mengunjungi FISIP UNS tersebut Ketua MA Anwar Usman dan Hakim MK Arif Hidayat memberikan kuliah umum. Dekan Fisip Ismi Dwi Asuti menyampiakan makalah berjudul "Internalisasi Ideologi Pancasila di Era Digital bagi Generasi Milenial". Ratusan mahasiswa FISIP mengikuti dengan hikmat. 

Baca Juga: Perluas Jaringan Transaksi Antar Negara, Bank DKI Tandatangani MoU dengan PT Rintis Sejahtera

Adapun bentuk konrit kerjasama Fisip UNS dengan MK di antaranya  kesepakatan pemagangan/praktik kerja, pengajaran/asistensi pengajaran, pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan dan pemberdayaan sumber daya manusia.

Sedangkan, untuk program studi (prodi) yang disebut dalam kerjasama antara FISIP UNS dengan MK RI adalah S-1 Ilmu Administrasi Negara, S-1 Sosiologi, S-1 Hubungan Internasional (HI), dan Ilmu Komunikasi.

Berbicara terpisah Anwar Usman menyambut baik kerja sama yang dijalin dengan FISIP UNS. Pria kelahiran 1956 itu mengatakan MK RI memberi kesempatan bagi mahasiswa FISIP UNS untuk magang.

Baca Juga: Teknologi Rumah Tahan Gempa Membuat Indonesia Siap Menghadapi Bencana Alam

“Alhamdulillah sudah disepakati bahwa MK RI akan memberi kesempatan kepada keluarga besar dan mahasiswa FISIP UNS untuk boleh dikatakan belajar (magang) di MK tentang penegakan konstitusi, penegakan hukum,” ucap lelaki yang rajin merawat berewoknya ini

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Kanjuruhan Jangan Sampai Terulang

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:59 WIB
X