Sekjen PDIP: Momentum Hari Lahir Pancasila untuk Bangun Kepemimpinan Strategis

- Rabu, 1 Juni 2022 | 20:49 WIB

Jakarta, suaramerdeka-jakarta.com - Peringatan hari lahir Pancasila diharapkan menjadi momentum bangkit bersama membangun kepemimpinan strategis dalam seluruh aspek kehidupan dimulai dari cara-cara sederhana.

Demikian Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat menyampaikan materinya di Seminar Nasional Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB) bertema "Membumikan Ide dan Gagasan Soekarno-Hatta" dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, Rabu, (1/6/2022).

"Bisa dengan menggelorakan kuliner, kebudayaan, olahraga kita, pendeknya semua ruang lingkup kehidupan," ucap Hasto.

"Indonesia begitu kaya dengan tradisi kebudayaan, kuliner maka kita juga bisa menunjukkan kepemimpinan Indonesia dengan mengolah apa yang kita punya melalui sentuhan ilmu pengetahuan dan teknologi," tambahnya.

“Alangkah indahnya kalau dari perguruan tinggi yang tergabung dalam Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa, dalam setiap penerimaan mahasiswa baru, digelorakan semangat kepemimpinan strategis yang berakar dari para pemimpin bangsa, sehingga mereka muncul jadi pemimpin bangsa yang memiliki pemikiran strategis sesuai kepribadian bangsa,” ungkap Hasto.

“Mari kita siapkan anak muda pemimpin bangsa yang betul-betul membumi, ideologis, punya daya juang yang tak pernah padam pada tahun 2045 mendatang,” tegas Hasto.

Kandidat doktor ini mengatakan bahwa Pancasila tidak hanya sebagai dasar dan tujuan bernegara, sebagai way of life, tapi terbukti menjadi pandangan Indonesia bagi dunia.

"Karena itu tugas kita bersama dengan spirit yang disampaikan Ibu Megawati tadi, bagaimana seluruh perguruan tinggi bergerak dalam satu rampak barisan agar seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk dalam pengusaan ilmu pengetahuan dan teknologi, riset dan inovasi, dapat mengolah seluruh sumber daya yang dimiliki Indonesia," ucap Hasto ke para rektor.

Pria asal Yogyakarta ini mengatakan Bung Karno mengajarkan bahwa pembumian Pancasila hanya bisa dilakukan apabila kita menggelorakan kemandirian.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Pencapresan Baru Sebatas Manuver Cek Respon Publik

Kamis, 11 Agustus 2022 | 00:35 WIB

Relawan Laporkan Perusakan Baliho Puan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:04 WIB

Elektabilitas Prabowo Subianto Tembus 30 Persen

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:22 WIB
X