Indonesia Butuh Pemimpin dengan Rekam Jejak Mumpuni

- Rabu, 1 Juni 2022 | 23:59 WIB
Trimedya Panjaitan bersama Puan Maharani. (Foto : Istimewa)
Trimedya Panjaitan bersama Puan Maharani. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Trimedya Panjaitan berbicara mengenai sosok pemimpin Indonesia ke depan. Kira-kira, apa kriteria pemimpin nasional yang dianggap pantas oleh mantan Ketua Komisi III DPR itu?

Trimedya Panjaitan menyebut bahwa di Pilpres 2024, Indonesia membutuhkan pemimpin yang memiliki rekam jejak mumpuni, bukan sekedar pemimpin yang memoles diri agar populis dan mengesankan berpihak pada rakyat.

Salah satu nama yang digadang-gadang PDI Perjuangan dalam Pilpres 2024 tentu adalah Puan Maharani. Sebagai kader yang sudah lama berkiprah di PDI Perjuangan, Trimedya menilai jika Puan merupakan figur dengan rekam jejak mumpuni dan pemimpin yang apa adanya atau tak suka bersandiwara di ruang publik

“Mbak Puan bukan tipe pemimpin yang suka berpura pura yang memoles dirinya seakan akan populis, seakan akan berpihak kepada rakyat, tapi mbak Puan mencoba menjadi pemimpin ya begitulah dia apa adanya, dia lahir sebagai cucu Bung Karno, anak Bu Mega anak Pak Taufik kemudian jadi politisi di tingkat nasional ya dia enggak perlu kepura-puraan,” kata Trimedya, kepada wartawan, Jakarta, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Setia Kita Pancasila Adakan Pertemuan Lintas Ormas, Suku Bangsa dan Agama

Menurut dia, mencari pemimpin haruslah sosok yang apa adanya, bukan mempermak dirinya seolah-olah paling berpihak kepada rakyat. Trimedya memaparkan rekam jejak Puan yang jelas sejak menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan sebagai oposisi di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Saat itu, putri Megawati Soekarnoputri tersebut mampu mengorganisir fraksi sebagai partai oposisi yang diperhitungkan.

Lalu, menjadi Menko PMK 2014-2019 Puan berhasil mengorganisir tujuh Kementerian seluruhnya berkinerja baik dan relatif berhasil, baik dari segi penyerapan anggaran maupun mensukseskan program revolusi mental yang digagas Presiden Joko Widodo.

Terakhir di DPR, Wakil Ketua MKD ini juga menganggap Puan berhasil memimpin DPR di tengah konstelasi politik yang tinggi, apalagi para pimpinan DPR adalah kader terbaik parpol di Senayan.

“Pimpinan DPR ini kan jagoan-jagoan semua ada Dasco ada Muhaimin ada Rachmat Gobel ada Lodewijk itu kan jagoan-jagoan semua. Dia juga bisa memimpin pemilihan pimpinan komisi dan AKD mulus semuanya, itu jelas ukuran-ukuran kinerja, itu yang harus kita sampaikan ke masyarakat,” beber Trimedya Panjaitan.***

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Nikmati Keindahan Pacitan Bersama DAMRI

Jumat, 3 Februari 2023 | 13:50 WIB

Ikrar Petani MSP Tolak Impor Beras oleh Pemerintah

Jumat, 3 Februari 2023 | 11:17 WIB
X