Menko Luhut Minta Percepatan Pengadaan Mobil listrik Khususnya di Lima Kawasan Pariwisata Super Prioritas

- Minggu, 5 Juni 2022 | 11:15 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan saat peluncuran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di DPSP Borobudur, Jawa Tengah, Sabtu (4/6)  (Screenshoot instagram/@luhut.pandjaitan)
Luhut Binsar Pandjaitan saat peluncuran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di DPSP Borobudur, Jawa Tengah, Sabtu (4/6) (Screenshoot instagram/@luhut.pandjaitan)

 

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam peluncuran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di DPSP Borobudur, Jawa Tengah, Sabtu (4/6) mengatakan kendaraan pariwisata berbasis listrik ini akan dimanfaatkan sebagai moda transportasi wisatawan yang menghubungkan titik-titik utama pariwisata, seperti bandara, hotel, dan atraksi wisata.

Untuk itu Luhut meminta percepatan pengadaan kendaraan pariwisata berbasis listrik khususnya di lima kawasan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) yaitu Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.

"Ini menjadi momentum kita bersama, untuk konsisten mengawal pembangunan destinasi pariwisata di Indonesia, dengan konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

"Sekaligus upaya kita mempersiapkan amenitas dalam mendukung agenda G20 pada tahun ini," kata Luhut dalam keterangannya, seperti dikutip dari Antara, Sabtu.

Baca Juga: Menkomarves : World Surf League Ajang Promosi yang Sangat Baik Bagi Indonesia

Luhut menegaskan peluncuran SPKLU di Borobudur juga sejalan dengan peresmian DPSP Borobudur sebagai destinasi ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Selanjutnya, dalam rapat koordinasi yang dipimpinnya, Luhut berharap seluruh pihak dapat menyusun dan menerapkan peta jalan prinsip biru, hijau, dan sirkular pada lima DPSP.

Salah satunya dengan menyinergikan BUMN dalam pengembangan ekosistem kendaraan pariwisata berbasis listrik, penggunaan energi terbarukan untuk akomodasi, pengolahan sampah, dan penerapan instrumen ekonomi lingkungan hidup.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Kanjuruhan Jangan Sampai Terulang

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:59 WIB
X