Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KLHK Ajak Masyarakat Bersepeda

- Minggu, 5 Juni 2022 | 14:26 WIB
KLHK Gelar Kegiatan bersepeda dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022. Ist
KLHK Gelar Kegiatan bersepeda dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022. Ist

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan kegiatan bersepeda bersama Komunitas Bike to Work (B2W) dan komunitas sepeda lainnya, pada Minggu (5/6).

Kegiatan yang diikuti sekitar seribu orang itu dimulai dari dua titik, yakni Balai Kota DKI Jakarta dan Kota Tangerang finish di Gedung Manggala Wanabakti.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak dan mendorong partisipasi semua pihak dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan memasyarakatkan penggunaan sepeda sebagai alat transportasi dalam kegiatan sehari-hari yang ramah lingkungan,” ujar Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Sigit Reliantoro.

Sejalan dengan tema hari lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022 "Only One Earth", pihaknya berharap semakin tumbuh kedasaran semua pihak untuk lebih memperhatikan dan merawat lingkungan agar lestari.

"Bersepeda sebagai alat transportasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh kita semua untuk berpartisipasi dalam upaya hemat energi, mengurangi pencemaran udara, memperbaiki kualitas udara, dan menjaga kesehatan. Harapannya adalah hidup sehat di lingkungan yang sehat," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, salah satu tujuan dari indeks kualitas lingkungan hidup Indonesia adalah untuk mengukur kualitas udara. Untuk kualitas udara di kota-kota besar, disarankan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan lebih disarankan menggunakan kendaraan umum dan juga sepeda.

"Kita mengimbau kepada kepala daerah untuk menyediakan jalur khusus sepeda dan juga pedestrian yang bagus untuk orang jalan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Sigit, pihaknya mendorong generasi muda untuk menjadi bagian dari gerakan lingkungan. "Mulai dari diri sendiri, misalnya naik sepeda, milah sampah, tidak membuang sampah di sungai dan sebagainya. Ini akan memberi sumbangan besar dalam perbaikan lingkungan hidup,” ujar Sigit.

Sementara dalam sambutan tertulis, Menteri LHK, Siti Nurbaya mengatakan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditetapkan oleh Majelis Umum PBB dari peristiwa Konferensi Stockholm, Swedia pada tanggal 5-6 Juni tahun 1972. Dan pada tahun 2022 ini, kembali diperingati dengan tema “Only One Earth”, dan fokus Living Sustainably in Harmony with Nature.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Pertagas Raih 4 Penghargaan CSR & PDB Award 2023

Rabu, 1 Februari 2023 | 18:57 WIB

Gudang Kripto Gandeng Mahasiswa UNJ Bangun Negri

Rabu, 1 Februari 2023 | 15:48 WIB

Aliando Syarief Sambangi Coach Rheo

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:48 WIB

Rian Ernest Resmi Jadi Kader MKGR

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:21 WIB

Instruksi Jokowi, Stabilkan Harga Beras!

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:43 WIB
X