Sandiaga Uno Akui Masih Diskusikan Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

- Senin, 6 Juni 2022 | 21:11 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengaku masih akan mendiskusikan harga tiket masuk Candi Borobudur yang diusulkan Rp750 ribu untuk wisatawan domestik (Screenshoot instagram/@konservasiborobudur)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengaku masih akan mendiskusikan harga tiket masuk Candi Borobudur yang diusulkan Rp750 ribu untuk wisatawan domestik (Screenshoot instagram/@konservasiborobudur)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Kebijakan harga tiket Candi Borobudur sebesar Rp 750 ribu menuai polemik masyarakat karena dianggap terlalu mahal dan membatasi masyarakat umum untuk menengok situs sejarah dan kebudayaan itu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengaku masih akan mendiskusikan harga tiket masuk Candi Borobudur yang diusulkan Rp750 ribu untuk wisatawan domestik.

Sandi mengakui pembahasan tarif tersebut seiring dengan masukan dari banyak pihak, dan akan melibatkan pihak terkait, termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Kami akan melakukan langkah strategis setelah mendapat masukan dari netizen, ahli budaya, tokoh agama, dan tokoh masyarakat," ujarnya secara virtual, Senin (6/6).

Baca Juga: Belum Diputuskan Presiden, Luhut Tegaskan Harga Tiket Candi Borobudur Rp 750 Ribu Belum Final

Dalam hal ini, ia menegaskan penerapan harga tiket Rp750 ribu untuk turis lokal dan US$100 untuk turis asing dilakukan untuk menjaga kelestarian lokasi wisata itu sendiri.

Ia mengatakan, Candi Borobudur merupakan peninggalan atau warisan budaya nenek moyang.

"Ini bukan pendekatan komersial sama sekali, tapi pendekatan konservasi untuk memastikan bahwa Borobudur ini adalah satu destinasi situs yang betul-betul kita harus jaga," katanya.

Harga tiket masuk Candi Borobudur sebesar Rp750 ribu semula diusulkan oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB
X