Webinar FFWI Seri Ke-2 FFWI 2022; Novel Lebih Cocok Dijadikan Series, Tinimbang Film

- Rabu, 8 Juni 2022 | 08:59 WIB
Webinar FFWI Seri Ke-2 FFWI 2022;  Novel Lebih Cocok Dijadikan Series, Tinimbang Film (Benny Benke)
Webinar FFWI Seri Ke-2 FFWI 2022; Novel Lebih Cocok Dijadikan Series, Tinimbang Film (Benny Benke)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Sutradara Hanung Bramantyo memuji tema webinar Buku Best Seller, Film Box Office? Yang diselenggarakan Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) 2022, Selasa,7 Juni 2022. 

“Ini tema menarik. Saya pikir menjadi sangat penting, jika tayangan ini diketahui masyarakat umum terutama penonton film Indonesia,” kata Hanung dalam webinar yang juga diisi narasumber lain yakni Asma Nadia dan Jujur Prananto dengan moderator Noorca M. Massardi.

Hanung menyebut ada alasan utama dari perlunya penonton Indonesia mengetahui hasil webinar.

“Karena problem utama dalam pembuatan adaptasi karya novel ke film, sebetulnya tidak hanya pada kreativitas film maker, tetapi juga pada mindset penonton. Kebanyakan penonton Indonesia selalu menganggap film bukanlah new message dari novel. Kalau begitu, maka film dan novel tidak pernah works.”

Namun menurut Hanung, jika penonton sudah punya kesadaran bahwa film adalah sebuah karya baru dari novel, maka jika sebuah film mengadaptasi novel apapun hasilnya, tidak akan jadi persoalan lagi.

“Dan pasti tidak ada perdebatan kenapa filmnya tidak sesuai novel. Atau kok filmnya malah lebih jelek dari novel,” ungkap ayah lima anak tersebut.

Noorca Massardi (Benny Benke)

Padahal, masih kata Hanung, produk novel memang berbeda dengan film. “Novel dikerjakan oleh satu orang, sementara film digerakan oleh banyak orang. Dan sangat tidak mungkin film dikerjakan seorang diri, sehebat apapun sutradaranya,” ungkap pria bernama lengkap Setiawan Hanung Bramantyo yang berusia 46 tahun ini.

Lebih lanjut Hanung menyebutkan, dalam mengadaptasi cerita novel, sebagai sutradara tidak ada keinginannya untuk melencengkan cerita. 

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri; Persatuan-Kesatuan adalah Kunci

Minggu, 2 Oktober 2022 | 06:15 WIB

Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas Lewat Jarkom

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:36 WIB

Soal Tanam Maju, Ini Penjelasannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:44 WIB

Jelang Pilpres 2024, Parpol Mulai Tawar Menawar

Jumat, 30 September 2022 | 20:38 WIB
X