Film Naga Naga Naga; Pendidikan Segalanya, Sekolah di Mana Saja.

- Kamis, 9 Juni 2022 | 11:43 WIB
Film Naga Naga Naga (Istimewa)
Film Naga Naga Naga (Istimewa)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,-
Seberapa penting pendidikan bagi anak-anak kita. Seberapa ideal sistem pendidikan dengan berbagai kurikulumnya di sekolahan berhasil menciptakan manusia seutuhnya. Menjadi manusia pintar sekaligus teruji akhlaknya. Orang pintar ribuan jumlahnya. Tapi yang baik akhlak dan adabnya?

Dalam film Naga Naga Naga yang ditulis dan disutradarai Deddy Mizwar, dan diproduseri Zairin Zain persoalan pendidikan, sekolahan dan sistem ajar dikisahkan dengan sangat menarik sekali, sekaligus jenaka .

Semenarik menikmati kekuatan dialog dari film  yang skenarionya ditulis Wiraputra Basri . Apalagi kemampuan akting yang natural  dari Deddy Mizwar, Beby Tsabina, Tora Sudiro, dan Wulan Guritno makin membuat film  yang akan beredar mulai 16 Juni 2022 tambah berisi.

Baca Juga: Lekas Pulang Eril....

Kita tahu, pendidikan diharapkan dapat mengajarkan kepada peserta didik agar dapat membedakan antara yang baik dan yang buruk, mengajarkan pentingnya kerja keras, ketekunan, dan pada saat yang sama, membantu siswa atau muridnya tumbuh dan berkembang secara internal maupun sosial.

Harapannya, dapat menciptakan masyarakat yang lebih baik untuk ditinggali, dengan memahami dan menghormati hukum dan peraturan yang ada. Demikian inti pendidikan menurut Ivan Illich, filsuf, pendeta dan ahli pendidikan dalam buku Deschooling Society (1971).

Konsekuensi vitalnya pendidikan dan sekolahan itulah yang diceritakan dengan apik, lucu, dan tanpa harus kehilangan kedalaman di film Naga Naga Naga. Yang sejatinya mengkritik habis-habisan sistem ajar di Indonesia.

Yang sebagaimana kita ketahui bersama, kurikulum pendidikan di Indonesia, pada jenjang apa saja, kadang dan seringkali memaksa "ikan untuk memanjat pohon," dan "kucing berenang di kolam". Meski semua tahu, setiap anak atau siswa didik memiliki potensi dan kemampuan yang berbeda-beda. Dan tugas orang tua, juga sistem pendidikan ada di sana. Untuk turut menemukan, mengembangkan dan memupuk bakat dan kecintaan anak-anak didiknya.

Baca Juga: Penerimaan; Kepada Ridwan Kamil dan Atalia Praratya

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puan Dinilai Capres yang Kuat

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:37 WIB

Miliki Pandangan Sama, PSI Potensial Gabung KIB?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:52 WIB

DPR Siap Selenggarakan Sidang Tahunan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:36 WIB

Ronny Talapessy Kuasa Hukum Baru Bharada E

Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:00 WIB

Teater Impian Dream Theater

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:51 WIB
X