Kasus Covid-19 di Arab Saudi Meningkat, Pelayanan Kesehatan Jemaah Haji Harus Terjamin

- Kamis, 9 Juni 2022 | 16:15 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Biro Pemberitaan DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Biro Pemberitaan DPR RI)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Pemerintah diminta untuk menjamin pelayanan kesehatan jemaah haji Indonesia. Hal ini menyusul laporan adanya kenaikan kasus Covid-19 di Arab Saudi, saat jemaah haji mulai berdatangan.

“Kami meminta pemerintah meningkatkan antisipasi dengan adanya laporan kenaikan jumlah kasus Covid-19 di Arab Saudi. Pelayanan kesehatan jemaah haji kita harus terjamin sehingga ibadah mereka di Tanah Suci tidak terganggu,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Jakarta, Kamis (9/6).

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab melaporkan ada lonjakan jumlah kasus Covid-19. Penyebaran virus Corona di Arab Saudi melewati ambang 1.000, dengan catatan 1.029 kasus per Rabu (8/6).

“Dimana kasus paling banyak ditemukan berada di wilayah ibu kota Arab Saudi, Riyadh. Sementara itu, jemaah haji Indonesia sudah mulai berdatangan di Arab Saudi sejak keberangkatan pada 4 Juni lalu, hingga gelombang terakhir pada 3 Juli mendatang,” ujarnya.

Karenanya, Panitia Penyelenggara Ibadah haji (PPIH) dan Petugas Kesehatan Haji Indonesia harus lebih ketat. Khususnya dalam memberlakukan protokol kesehatan terhadap jemaah haji.

“Para petugas haji mulai dari daerah asal hingga yang bertugas di Arab Saudi juga perlu memberlakukan protokol kesehatan yang ketat kepada jemaah haji. Skrining juga harus dilakukan dengan baik dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi,” tandasnya.

Intensif
Antara lain seperti menerima vaksin dosis lengkap dan menyiapkan hasil PCR negatif 72 jam sebelum keberangkatan. Selain itu, pemantauan kondisi kesehatan jemaah Haji Indonesia selama berada di Arab Saudi harus dilakukan lebih intensif.

“Jemaah haji harus mendapat fasilitas dan layanan terbaik, termasuk dari aspek kesehatan jemaah. Pemerintah melalui petugas di lapangan harus memastikan kecukupan nutrisi dan air bagi jemaah haji Indonesia,” tegasnya.

Hal itu agar imun jemaah haji terjaga dengan baik selama menjalankan ibadah di Tanah Suci. Apabila ada jemaah yang sakit, kata dia, harus segera lakukan langkah cepat.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X