Dorong Terus Inovasi, Uu Tak Mau Layanan Pemerintah Kalah Jos Dibanding Swasta

- Jumat, 10 Juni 2022 | 16:19 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Plh Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum meminta jajarannya benar-benar bisa mengoptimalkan inovasi sehingga bisa membawa perubahannya bisa dirasakan masyarakat.

"Karena kuncinya ada kahayang (keinginan). Bukan apa-apa, pelayanan pemerintah tanpa sentuhan inovasi, bisa-bisa tergantikan swasta," katanya saat membuka Kompetisi Inovasi Jawa Barat di Gedung Sate Bandung, Jumat (10/6/2022).

Untuk itu, inovasi merupakan sebuah keharusan. Terlebih di era digital. Kehadiran inovasi diharapkan bisa menghadirkan layanan yang lebih efisien, efektif, dan lebih penting lagi bisa tepat sasaran.

"Ini kan tujuannya supaya kita bisa lebih memberikan pelayanan prima. Karena kalau tak ada inovasi, nantinya kita akan begitu-begitu saja. Kalau begini kan pemerintah bisa-bisa akan ditinggalkan masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: Mendikbudristek : Inovasi adalah Kunci dari Nilai-Nilai Merdeka Belajar

Tak hanya jajarannya, dia pun meminta bupati dan walikota di wilayahnya melakukan langkah serupa sehingga perubahan bisa dirasakan lebih luas lagi. Banyak masyarakat yang tersentuh.

Pihaknya pun mencontohkan sejumlah terobosan yang sudah memberikan dampak. Di antaranya program one pesantren one product (OPOP), penanganan Covid-19 melalui aplikasi Pikobar, hingga PPDB secara online.

"OPOP misalnya, itu sebanyak 1.500 Ponpes bisa didorong kondisi ekonominya, ada perubahan. Kemudian program Pikobar soal penanganan Covid-19 yang jadi atensi, kemudian PPDB yang tanpa gejolak, semuanya karena terobosan," jelasnya.

Baca Juga: Study Tour Diperbolehkan, Uu Ruzhanul Ulum Minta di Jabar Saja, Kadisdik Justru Puji Layanan di Yogyakarta

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ASDP Dukung Perhelatan Sail Tidore 2022

Minggu, 27 November 2022 | 19:03 WIB

Rambut Halim HaDe

Minggu, 27 November 2022 | 12:41 WIB

Mbah Mijan Foto Selfi dengan PM Malaysia Terpilih

Minggu, 27 November 2022 | 11:45 WIB

Mensos Risma Terima Nawacita Awards 2022

Minggu, 27 November 2022 | 07:43 WIB
X