Vaksinasi Harus Diprioritaskan bagi Ternak yang Tidak Terpapar

- Jumat, 10 Juni 2022 | 18:11 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Biro Pemberitaan DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Biro Pemberitaan DPR RI)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Pemerintah harus segera melakukan pengendalian penyakit mulut dan kuku (PMK). Hal itu karena masyarakat sudah semakin cemas, mengingat sebentar lagi Hari Raya Idul Adha.

"Vaksinasi bagi hewan ternak yang tidak terpapar PMK, harus diprioritaskan bagi daerah-daerah yang sudah terjangkit PMK," kata Ketua DPR RI Puan Maharani, Jumat (10/6).

Menurutnya, ada 3 juta dosis vaksin yang akan segera datang. Yakni dengan peruntukkan bagi wilayah yang terdampak PMK.

"Pemerintah juga harus memperbanyak dokter hewan pada wilayah-wilayah terdampak. Sebab, beberapa daerah sudah merasa kewalahan karena kurangnya tenaga medis yang bertugas melakukan penyuntikan obat untuk sapi yang terpapar PMK," ujarnya.

Dikatakan, akibat kurangnya dokter hewan, penanganan sapi yang terpapar PMK menjadi lambat. Antara lain seperti yang terjadi di Nusa Tenggara Barat.

"Masalah PMK ini cukup serius, karena bisa berdampak juga pada perekonomian Indonesia. Apalagi, Idul Adha identik dengan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban seperti sapi dan kambing," tandasnya.

Khawatir
Sementara itu, penyebaran PMK pada ternak telah menyebar ke 18 provinsi dan 163 kabupaten/kota. Sehingga, kekhawatiran masyarakat masih ada.

"Meskipun pemerintah sudah menyatakan hewan kurban yang disediakan tahun ini, bukan dari daerah yang terkonfirmasi PMK. Saya mengingatkan pemerintah untuk merespons kegelisahan warga," tegasnya.

Khususnya kegelisahan umat Islam, yang akan merayakan Idul Adha," ujarnya. Dikatakan, DPR berharap agar vaksinasi untuk menekan kasus penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak harus segera dilakukan.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

HT Pimpin Konsolidasi & Bimtek Partai Perindo

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:46 WIB

Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:22 WIB

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 09:37 WIB
X