Kemenhub Gulirkan Angkutan Feeder LRT dan BRT Sumsel

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 17:11 WIB

PALEMBANG jakarta.suaramerdeka.com -- Kementerian Perhubungan meluncurkan layanan angkutan feeder berupa angkutan kota (angkot), sebagai angkutan pengumpan Light Rapid Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT) Sumsel di Palembang.

Kehadiran angkot yang diberi nama “New Oplet Musi Emas” ini membuat layanan angkutan umum di kota Palembang semakin lengkap dan terintegrasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Sabtu (11/6), menyerahkan secara simbolis berupa kunci angkot feeder kepada Gubernur Sumsel Herman Deru dan Walikota Palembang Harnojoyo.

Pada tahap awal, Kemenhub menyerahkan sebanyak 29 unit angkot feeder kepada Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang.

Baca Juga: Kemenhub Gelar Program Padat Karya di Gunung Kidul

Di awal operasionalnya, layanan feeder ini akan melayani dua rute, yakni: rute pertama yaitu lintas Talang Kelapa - Talang Buruk via Asrama Haji dengan panjang rute 20,4 Km. Rute kedua yaitu lintas Asrama Haji - Sematang Borang via jalan Noerdin Panji dengan panjang rute 40.2 Km. Ke depannya, layanan rute feeder akan terus ditambah.

“Kita terus sosialisasikan penggunaan angkutan umum agar kehadirannya bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Naiklah angkutan umum agar Palembang tidak macet dan udara menjadi lebih bersih,” ujarnya.

Menhub menjelaskan, upaya meningkatkan minat masyarakat untuk naik angkutan massal tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah. Butuh kolaborasi pentahelix yang baik antara pemerintah pusat dan daerah, akademisi, pebisnis, komunitas masyarakat, dan juga media.

Baca Juga: DJKA Kemenhub: Stasiun Gambir Tetap Melayani KA Jarak Jauh

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X