Manfaatkan Limbah Batubara PLTU Ropa, PLN Lakukan Rehab Terhadap Asrama Kodim Sikka

- Senin, 13 Juni 2022 | 12:10 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com -- Memanfaatkan limbah sisa pembakaran batu bara atau fly ash and bottom ash (FABA) dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap Ropa, NTT, PT PLN (Persero) melakukan bedah rumah bagi Prajurit TNI Komando Distrik Militer (KODIM) 1603 Sikka.

Menurut General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Jatmiko, program tersebut merupakan bagian dari sinergi dengan TNI sekaligus untuk memperkenalkan dan memanfaatkan FABA untuk program bedah rumah prajurit.

Pihaknya berharap kehadiran rumah layak huni dapat menjadikan prajurit TNI memperoleh kehidupan yang lebih baik, sehat, dan produktif terutama dalam mendukung tugas di kesatuan TNI.

"Semoga sinergi PLN dan TNI dalam pemanfaatan FABA maupun tugas kenegaraan lainnya terus berkelanjutan sehingga pembangunan berjalan lancar dan berdampak bagi masyarakat," tutur Jatmiko.

Baca Juga: Kepedulian PLN, Gelar Pelatihan Produksi Telor Asin, Angkat Ekonomi Masyarakat

PLTU Ropa sendiri mampu memproduksi FABA sebanyak 5.300 metrik ton per hari. Potensi ini kemudian diolah oleh PLN untuk menjadi produk material konstruksi seperti paving blok, bata interlock, kanstein, batako dan produk material konstruksi lainnya untuk pembangunan.

"Selain itu, FABA juga telah digunakan untuk membangun sarana umum seperti jalan lingkungan, jalan desa, gereja, masjid, dan sarana umum lainnya dan jalan. FABA juga telah digunakan untuk bedah rumah layak huni sebanyak 14 unit sejak bulan Juni tahun 2021 hingga saat ini," jelas Jatmiko.

Komandan Resort Militer (Danrem) 161 Wira Sakti Kupang Brigjen TNI Iman Budiman mengapresiasi PLN yang melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) membantu bedah rumah prajurit Kodim 1603 Sikka.

Baca Juga: Pertama di antara Lingkup Badan Usaha, PLN Dapatkan Rompi Biru Cegah Korupsi dari KPK

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ASDP Dukung Perhelatan Sail Tidore 2022

Minggu, 27 November 2022 | 19:03 WIB

Rambut Halim HaDe

Minggu, 27 November 2022 | 12:41 WIB

Mbah Mijan Foto Selfi dengan PM Malaysia Terpilih

Minggu, 27 November 2022 | 11:45 WIB

Mensos Risma Terima Nawacita Awards 2022

Minggu, 27 November 2022 | 07:43 WIB
X