Puisi RK di Pemakaman Eril: "Bukankah Tiap Jengkal Tanah Milik Allah Yang Menentukan Segala Pergi dan Pulang"

- Senin, 13 Juni 2022 | 14:33 WIB
Momen Emmeril Kahn Mumtadz dengan sang Bunda (Screenshoot instagram/@ataliapr)
Momen Emmeril Kahn Mumtadz dengan sang Bunda (Screenshoot instagram/@ataliapr)

BANDUNG,suaramerdeka-jakarta.com- Suasana penuh haru saat Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengungkap bagaimana lelah dan gelisahnya upaya pencarian jasad Eril selama 14 hari menyusuri Sungai Bern.

Jenazah putra sulung Gubernur Jabar, Emmeril Khan Mumtadz, baru saja dimakamkan di komplek Islamic Center Baitul Ridwan, Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (13/6/2022).

Penuh haru usai jenazah dikebumikan, Ridwan Kamil membacakan puisi untuk sang putra kesayangan.

"Dalam rentang 14 hari yang sejujurnya sangat melelahkan, namun kami mendapat banyak pelajaran dan menerima kearifan tentang hidup Eril, yang secara kasat mata rasanya terlalu singkat, tapi setelah dicermati kehidupannya sangat padat, penuh manfaat," ujarnya.

Baca Juga: Ucapkan Belasungkawa Secara Langsung, Gubernur Khofifah: Jejak Kebaikan Almarhum Eril Inspirasi Generasi Muda

"Waktu Adalah Rahasia Allah apalagi menyangkut tentang kematian dan kelahiran, waktu adalah relatif begitu kata orang orang yang arief, dan akhirnya kami bisa menerima dengan hati yang lapang dan menemukan hati yang terang

"Kami mengikhlaskan Eril Pergi karena kami menyadari bahwa Allah telah mencukupkan segala amal amalnya, untuk menutupi segala ke khilafannya

"Bukankah Eril lahir di New York City yang berada jauh di seberang, dan dia wafat di Swiss yang jauhnya juga tidak terbilang. Namun, bukankah tiap jengkal tanah adalah milik Allah yang menentukan segala pergi dan pulang.

Upacara pemakaman yang hanya dihadiri keluarga tersebut semakin terasa mengharu-biru saat Ridwan Kamil mengungkap betapa ia bersyukur memiliki seorang anak, yang meski tidak berumur panjang, namun meninggalkan cinta yang besar bagi jutaan orang.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemilu 2024 Harus Sesuai Harapan Publik

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:11 WIB

Mahasiswa Apoteker dan UTA '45 Serukan Boikot PN UKAI

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:05 WIB
X