Siap-siap Aktivitas Kantor Makin Lowong, Porsi Ruang Virtual untuk Efisiensi Birokrasi Makin Diperbesar

- Selasa, 14 Juni 2022 | 21:37 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com -- Kemendagri terus mengakselerasi penggunaan ruang virtual dalam menunjang kinerja birokrasi. Saat ini, kementerian sudah memanfaatkan teknologi metaverse untuk menggarap sejumlah layanan.

Menurut Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Ditjen Otda Kemdagri, Dr Cheka Virgowansyah, efektivitas program tersebut bakal memberikan dampak signifikan termasuk mengubah rutinitas.

"Di antaranya penggunaan gedung, kemungkinan tak diperlukan lagi. Jadi kedatangan ke kantor itu hanya untuk masalah-masalah yang dinilai akut saja, masalah lainnya cukup virtual saja," katanya di program Jabar Punya Informasi (Japri) bertajuk "Penyederhanaan Birokrasi, Perlukah?" di Gedung Sate Bandung, Selasa (14/6/2022).

Dijelaskan, kementerian sudah menggulirkan layanan Konsultasi Virtual Otonomi Daerah (Kovi Otda). Program tersebut disebutnya terus diperluas sehingga Pemda bisa memanfaatkannya secara optimal.

BirokrasiBaca Juga: Polemik Penjabat dari TNI/Polri, Perlu Penguatan Politik Birokrasi Sipil

Pihaknya menargetkan perubahan tersebut mulai benar-benar dirasakan pada akhir tahun ini. Baginya, jelas tak mudah dalam melakukan adaptasi teknologi itu. Hanya saja, seiring masuknya generasi milenial, mau tak mau langkah tersebut harus dilakukan.

"Momok terbesar adalah mekanisme kerjanya. Tapi dinamika ke depan makin banyak ASN milenial yang berkiprah dan kita bisa membawa mereka ke pola kita tapi kita yang harus masuk ke cara mereka," katanya.

Di tempat yang sama, Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmadja menyebut bahwa pihaknya sudah melakukan penyederhanakan birokrasi fase kedua di lingkup Gedung Sate Bandung.

Baca Juga: Pangkas Tahapan Birokrasi, LKPP Optimis Satu Juta Produk UMKM Tayang di E-katalog Jakarta

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Kanjuruhan Jangan Sampai Terulang

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:59 WIB
X