Sekjen PDIP Minta Kepala Daerah Urus soal Krisis Pangan, Perubahan Iklim, hingga Geopolitik

- Kamis, 16 Juni 2022 | 18:07 WIB

Jakarta, suaramerdeka-jakarta.com DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meminta kepala dan wakil kepala daerah yang berasal dari partai untuk peka dengan kondisi nasional serta global.

Hal itu disampaikan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6).

Hasto menerangkan PDIP tengah bersiap menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2021 yang dilaksanakan pada 2022. Rakernas yang akan diselenggarakan pada 21-23 Juni 2022 dilaksanakan pada tahun ini karena sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

"Di dalam perspektif global, kami melihat pandemi Covid-19 melibatkan perubahan menyeluruh dalam tatanan kehidupan umat manusia. Dampak belum selesai kemudian muncul perang Rusia-Ukraina, kita diingatkan oleh Bu Megawati bahwa ini merupakan hal yang harus disikapi dampaknya buat kita," kata Hasto dalam arahannya.

Selain itu, lanjut dia, dunia juga sedang menghadapi perubahan iklim akibat pemanasan global, krisis pangan, dan pertarungan geopolitik.

Oleh karena itu, Hasto mengingatkan kepada dan wakil kepala daerah untuk memahami kondisi tersebut, termasuk mengenai perang ekonomi dan dagang global.

"Kemarin Bapak Presiden bertemu dengan Ibu Mega menegaskan bahwa ancaman krisis pangan ini ancaman serius. Beruntung ketua umum kita ini perempuan sehingga memiliki kepekaan terhadap itu," jelas Hasto.

Hasto mengulas kembali bagaimana Ketua Umum Megawati Soekarnoputri menginisiasi gerakan menanam sepuluh tanaman pengganti beras pada Maret 2020.

Ketua Umum Megawati, lanjut Hasto, sampai menginstruksikan seluruh struktur partai.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Pemerintah Ajukan Kasasi Kasus KSP Indosurya

Minggu, 29 Januari 2023 | 18:28 WIB

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:30 WIB
X