Kolaborasi PT Pertamina EP Subang Field dan BPBD Kab. Subang Bentuk Masyarakat Tangguh Bencana

- Jumat, 17 Juni 2022 | 12:53 WIB

SUBANG,suaramerdeka-jakarta.com – Tingkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) tangani bencana, Regional Jawa melalui PT Pertamina EP (PEP) Subang Field berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang selenggarakan Pelatihan dan Pembentukan Masyarakat Tangguh Bencana, pada Kamis (09/06).

Pelatihan ini diikuti oleh kader tanggap bencana, relawan-relawan penanggulangan bencana se-Kabupaten Subang sebagai bentuk penguatan kapasitas SDM dalam menghadapi risiko kebencanaan di wilayah Kabupaten Subang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni S.Sos.,M.Si. dalam sambutannya menyampaikan, berbagai hal harus disiapkan untuk mengantisipasi bencana, mencakup peraturan, peralatan, dan yang terpenting SDM.

Baca Juga: Postingan Terkini Via Instagram Zehra Gunes di VNL 2022, Sang Bidadari Voli Turki Yang Bikin Halu Warganet

"Ilmu manajemen bencana seperti yang dijelaskan pada pelatihan tersebut, akan terus berguna karena wilayah Indonesia masuk ke dalam kawasan rawan bencana dimana Indonesia dilalui dua lempeng aktif dan masuk dalam zona ring of fire," ujarnya.



Memperkuat pemaparan dari Sekda, Kabupaten Subang sendiri memiliki topografi wilayah yang lengkap.

Mulai dari dataran tinggi di sisi selatan dan kemudian semakin melandai ke arah utara hingga berbatasan dengan laut jawa.

Baca Juga: Koalisi Masyarakat Kalsel Mengadu Ke PB NU dan Minta Perlindungan Ke LPSK

Dengan bentang geografis seperti itu, berbagai potensi bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir hingga abrasi laut harus selalu siap dihadapi oleh masyarakat Subang.

Belum lagi dengan potensi bencana non-alam seperti pandemi dan kebakaran. Semua memerlukan persiapan pencegahan dan penanganan yang matang.

Hal itulah yang mendasari PEP Subang Field dalam menginisiasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) bidang penanggulangan bencana antara PEP Subang Field dan Pemerintah Kabupaten Subang yang diteken tahun 2020 silam.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Stadion Kanjuruhan Harus Diinvestigasi Total

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:11 WIB

3000 Pohon Bakau Ditanam di Pesisir Pantai Jakarta

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:03 WIB

Kapolri; Persatuan-Kesatuan adalah Kunci

Minggu, 2 Oktober 2022 | 06:15 WIB

Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas Lewat Jarkom

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:36 WIB

Soal Tanam Maju, Ini Penjelasannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:44 WIB
X