Beranda Nusantara RRI Hadirkan Megawati dan Mahfud MD, Bahas Pancasila dan Tantangannya Saat Ini

- Rabu, 22 Juni 2022 | 19:57 WIB
Dok RRI
Dok RRI

JAKARTA- Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) kembali menyelenggarakan Talkshow Beranda Nusantara.

Kali ini, tema yang diangkat adalah "Pancasila, Sejarah, dan Tantangannya" yang berlangsung Kamis, 23 Juni 2022.

Direktur Utama LPP RRI, I Hendrasmo mengemukakan, dialog Beranda Nusantara nanti akan membahas Pancasila dengan fokus pada dua hal. Pertama, merefresh kembali ingatan pada sejarah Pancasila.

Baca Juga: Bahas RUU Hukum Acara Perdata Bersama DPR RI, Masukan Peradi SAI Paling Konkret

"Mengapa kita harus berpancasila dalam Negara Republik Indonesia? Apa yang ada dalam pemikiran Bung Karno dan para pendiri bangsa tentang Indonesia dan Pancasila?," ujar Hendrasmo, Rabu 22 Juni 2022.

Kedua, lanjutnya, dialog ini akan fokus memperkuat ideologi Pancasila dalam abad ke-21 serta membahas tantangan dalam menjaga ideologi Pancasila saat ini dan ke depan.

Menurutnya, setelah Bung Karno mengemukakan gagasannya dari perenungan atas nilai-nilai yang hidup di tengah masyarakat, dialog dan perdebatan seketika terjadi dengan para Anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Baca Juga: Ganjar Pranowo: Mas Pacul Itu Teman Saya

"Bagaimana proses dialog, perdebatan yang terjadi di BPUPKI akan sangat menarik untuk diungkap lagi. Berbagai kritik, saran dan masukan pun terjadi untuk menyempurnakan rumusan Pancasila yang akhirnya mengkristal sebagaimana tertera dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945," jelasnya.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kebijakan Satu Peta Percepat Pemulihan Ekonomi

Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:36 WIB

KIB Bisa Majukan Capres dari Hasil Konvensi

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:53 WIB

SSI: Prabowo Tinggal Tunggu Lawan di Pilpres 2024

Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:08 WIB
X