Berlatar Partai Pemenang Pemilu, Puan Harus Maju sebagai Capres

- Kamis, 23 Juni 2022 | 15:54 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani.  (Dok. DPP PDIP)
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Dok. DPP PDIP)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Sebagai sosok yang berlatar partai pemenang pemilu, Puan Maharani harus maju sebagai calon presiden. Sehingga, Puan tidak boleh turun kelas hanya menjadi calon wakil presiden.

“Karena dia dari partai pemenang pemilu, jadi jangan turun kelas. Jadi jangan sampai calon wapres, karena tidak sesuai dengan marwah kemenangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” kata pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing di Jakarta, Kamis (23/6).

Menurutnya, Puan bisa dipasangkan dengan cawapres sesuai dengan pertimbangan efek kenaikan bauran komunikasi pemasaran politik. Bisa dipilih sosok cawapres yang bisa mendongkrak salah satu faktor.

“Antara lain seperti kesosokan, promosi, distribusi dan akses ke warga secara langsung. Sampai sekarang, saya melihat nama-nama yang muncul ke permukaan berpotensi untuk bisa menjadi cawapres dan memenangkan pemilu,” ujarnya.

Dia menilai, kerja sama politik juga sangat berpengaruh dalam memastikan kemenangannya dalam Pilpres 2024. Sebab bila sudah dipasangkan, maka harus didukung oleh kerja sama politik besar untuk memastikan kemenangan.

Puan juga harus mengelola dan mengoptimalkan bauran pemasaran komukasi politik. Hal itu penting untuk bisa mendongkrak elektabilitasnya. Karenanya, bauran pemasaran politik harus di-manage dengan baik,” tandasnya.

Yakni dengan menyusun suatu strategi yang baik dan terukur. Dikatakan, ada sejumlah faktor kunci dalam bauran tersebut. Pertama adalah produk, yang dalam hal ini adalah sosok Puan.

“Kualitas dari Puan tidak diragukan lagi. Hal itu bisa dilihat dari rekam jejak karir politiknya, dari Ketua Fraksi PDIP di DPR RI, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, hingga menjadi Ketua DPR RI,” tegasnya.

Kenaikan Suara
Bahkan ketika menduduki jabatan Ketua Fraksi PDIP yang menjadi oposisi dari pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, dia dinilai berhasil. Yakni dengan bukti kenaikan suara PDIP.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

PPP DKI Jakarta Apresiasi Penutupan Holywings

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:01 WIB

Kapolri Gelar Festival Nusantara Gemilang

Rabu, 29 Juni 2022 | 09:23 WIB

Pilkades Serentak Harus Terapkan Prokes

Selasa, 28 Juni 2022 | 17:18 WIB
X