Mendag Tegaskan Sembako Stabil dan Minyak Goreng Curah akan Dikemas Sederhana

- Kamis, 23 Juni 2022 | 18:56 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat blusukan mengecek harga minyak goreng dan bahan-bahan pokok di Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat, Kamis, (23/6). (Biro Humas Kemendag)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat blusukan mengecek harga minyak goreng dan bahan-bahan pokok di Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat, Kamis, (23/6). (Biro Humas Kemendag)

BANDUNG, suaramerdeka-jakarta.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memastikan stok minyak goreng tersedia dengan baik dan harga stabil. Selain itu, tidak ada antrean dan orang membeli seperlunya.

“Karena barangnya tersedia dan harganya stabil,” katanya saat blusukan dan bertemu pedagang, mengecek harga minyak goreng dan bahan-bahan pokok di Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat, Kamis, (23/6) pagi.

Dia juga memastikan ketersediaan dan kestabilan harga setelah dirinya berkeliling ke sejumlah pasar. Bahlan di pasar tersebut, stoknya lebih.

“Di Pasar Kosambi saat ini juga tidak ada lagi masyarakat yang mengantre minyak goreng. Harga minyak goreng curah di Pasar Kosambi Bandung, Jawa Barat sudah normal, yaitu Rp 14.000/liter,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, sudah tidak ada rebutan lagi. Dengan harga Rp 14.000/liter, artinya sudah terjamin. Kementerian Perdagangan akan berkoordinasi dengan pelaku usaha minyak goreng untuk mengadakan minyak goreng curah kemasan sederhana dengan merk Minyak Kita.

“Tujuannya agar masyarakat dapat membeli minyak goreng curah dalam kemasan sederhana di ritel modern dengan harga Rp 14.000/liter dengan lebih aman dan higienis. Saya akan undang pengusaha-pengusaha, produsen minyak goreng, untuk mengemas minyak curah menjadi kemasan sederhana,” tandasnya.

Sehingga nanti masyarakat kalau belanja ke supermarket, ada minyak goreng yang harganya Rp 14.000/liter dengan merek Minyak Kita. Dalam sidak tersebut, Mendag juga melihat dan meninjau sejumlah harga bahan-bahan pokok.

“Harga sembako stabil, tidak ada kenaikan lagi. Bahkan harga cabai cenderung turun. Harga cabai merah keriting sebelumnya terpantau Rp 100.000/kg lebih, sekarang sudah turun menjadi Rp 80.000/kg,” tegasnya.

Dalam blusukan sebelumnya di Pasar Cibubur, harganya masih Rp 120.000/kg. Namun sekarang sudah turun menjadi Rp 100.000/kg. Berdasarkan pantauan di Pasar Kosambi, beras medium dijual dengan harga Rp 10.000/kg, beras premium Rp 13.000/kg dan gula pasir Rp 14.000/kg.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Kebijakan Satu Peta Percepat Pemulihan Ekonomi

Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:36 WIB

KIB Bisa Majukan Capres dari Hasil Konvensi

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:53 WIB

SSI: Prabowo Tinggal Tunggu Lawan di Pilpres 2024

Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:08 WIB
X