Giliran Produsen Opak Dapat Bantuan Pelatihan PLN

- Kamis, 23 Juni 2022 | 20:49 WIB

jakarta.suaramerdeka.com - PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Tengah (UIP JBT) melalui bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyalurkan bantuan senilai Rp 45 Juta kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Karedok, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Kawasan itu berada di wilayah pembangunan proyek PLTA Jatigede berkapasitas 2x55 MW. Bentuk bantuan yang diberikan berupa pelatihan pemasaran dan pengemasan opak, manajemen usaha hingga peralatan untuk pengemasannya.

Bantuan ini menjadi bantuan TJSL kedua yang diberikan PLN melalui program PLN Peduli kepada Desa Karedok. Sebelumnya, pada tahun 2021 PLN juga telah memberikan bantuan kepada UMKM Opak Mekarsari berupa peralatan produksi opak.

Hasilnya, UMKM Opak Mekarsari kini telah berhasil meningkatkan jumlah serta kualitas produksinya dan menjadi mitra binaan PLN. Berangkat dari keberhasilan tersebut, tim TJSL PLN UIP JBT makin yakin dengan potensi penjualan opak oleh kelompok usaha di Desa Karedok.

Baca Juga: Garap Konservasi Lingkungan, PLN Gandeng Perum Perhutani

Melalui pemantauan serta evaluasi yang cukup, bantuan pengembangan UMKM opak yang kedua kembali diberikan. Pelatihan tersebut diikuti 25 peserta yang merupakan warga Desa Karedok sekaligus anggota BUMDes. Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari mulai dari 20 Juni hingga 24 Juni di Balai Desa Karedok.

Narasumber dalam pelatihan tersebut adalah kelompok UMKM Bringkka Sejahtera yang juga merupakan UMKM Binaan PLN UIP JBT yang kini telah berhasil mandiri.

Dalam kesempatan tersebut, mereka dilatih cara pengemasan opak menggunakan mesin sealer. Setelah itu mereka juga dilatih cara pemasaran produk opak yang kini diberi merek Pada Jaya.

Baca Juga: Pelanggan Bisnis dan Industri PLN, Tak Terdampak Penyesuaian Tarif, Ini Daftarnya

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri; Persatuan-Kesatuan adalah Kunci

Minggu, 2 Oktober 2022 | 06:15 WIB

Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas Lewat Jarkom

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:36 WIB

Soal Tanam Maju, Ini Penjelasannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:44 WIB

Jelang Pilpres 2024, Parpol Mulai Tawar Menawar

Jumat, 30 September 2022 | 20:38 WIB
X