Lembaga Masyarakat Adat Papua Dukung Daerah Otonomi Baru Provinsi Papua

- Selasa, 28 Juni 2022 | 09:43 WIB
Diskusi daring bertema "Pemekaran Daerah untuk Orang Asli Papua" yang diadakan oleh Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Senin, (27/6/22). (FMB9)
Diskusi daring bertema "Pemekaran Daerah untuk Orang Asli Papua" yang diadakan oleh Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Senin, (27/6/22). (FMB9)

JAKARTALembaga Masyarakat Adat (LMA) Papua, mendukung Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua.

Adapun wilayah tersebut, DOB Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan Tengah.

Hal itu disampaikan oleh Ketua LMA Papua, Lenis Kogoya dalam diskusi daring bertema "Pemekaran Daerah untuk Orang Asli Papua" yang diadakan oleh Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Senin, (27/6/22).

Lenis mengatakan, sebenarnya, tiga daerah di atas sudah sejak lama menginginkan pemekaran Provinsi. Daerah Papua Selatan misalnya, sudah menunggu bertahun-tahun agar terealisasi pemekaran.

Sementara itu, di daerah Papua Tengah, pernah terjadi perang karena isu pemekaran.

Di Pegunungan Tengah kata Lenis, masyarakat memang menginginkan pemekaran, tetapi lebih pada pemekaran Kabupaten ketimbang Provinsi.

“Selama ini yang kami tuntut adalah Kabupaten, tetapi yang muncul Provinsi. Nah, karena itu, masyarakat merasa berterima kasih karena kalau Provinsi muncul, berarti Kabupaten juga muncul," kata Lenis menceritakan keinginan masyarakat di daerah Pegunungan Tengah.

Meski begitu, Lenis tak menampik pro-kontra di tengah masyarakat terkait rencana pemekaran itu sendiri. Ia mengatakan, di era demokrasi seperti sekarang, itu merupakan hal wajar dan tidak perlu disikapi secara berlebihan.

Dia lalu menyinggung peran LMA untuk mengurai ketegangan di tengah-tengah masyarakat.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-siap, PT KAI Bakal Suguhkan Kereta Panoramic

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Haji Eko, Ksatria Sebenarnya.

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:19 WIB

Wujudkan Parlemen Modern, Mungkinkah?

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:05 WIB
X