Asosiasi Depot Air Minum Dukung Rencana Pelabelan BPA pada Galon Guna Ulang

- Kamis, 30 Juni 2022 | 06:01 WIB
Ilustrasi (Pixabay.com)
Ilustrasi (Pixabay.com)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com, Wacana pelabelan Bisfenol A atau BPA terus mengalami kontroversi di tengah perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK). Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) Budi Darmawan pun menepis isu pelabelan BPA, pada galon guna ulang yang beredar luas di masyarakat akan memukul bisnis kecil atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), terutama depot air isi ulang.

Menaungi 60.000 depot air minum di Indonesia, APDAMINDO, kata Budi mendukung rencana pelabelan tersebut oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kami melihat bahwa pelabelan tersebut pada dasarnya demi keamanan konsumen dan dunia usaha justru mendapatkan keuntungan dari adaptasi value chain bisnis itu sendiri," katanya beberapa waktu lalu.

Menurut Budi, industri air minum kemasan adalah bisnis yang sudah berumur lebih dari 50 tahun, dan tentunya wajar apabila terjadi perubahan yang sifatnya disruptif. Termasuk pelabelan BPA pada galon keras yang mendominasi pasar.

"Unsur kepastian akan rasa aman bagi konsumen itu selayaknya menjadi prioritas dalam memproduksi pangan terkemas. Konsumen akan memilih produk yang mampu beradaptasi," tambahnya.

Baca Juga: Pemerintah Jamin Wabah PMK Tidak Sampai Ganggu Masyarakat untuk Berkurban

Apdamindo, lanjut Budi, mengantisipasi peningkatan kepedulian konsumen akan keamanan produk dengan ikut mensosialisasikan kebijakan pemerintah soal bahaya BPA pada galon berbahan plastik polikarbonat.

"Karena ini terkait dengan kebiasaan masyarakat, tentunya perlu waktu untuk berubah," katanya.

Menurut Budi, usaha depot air minum merupakan bisnis skala kecil yang berkontribusi cukup besar dalam pangsa pasar air kemasan.
"Kontribusi depot air minum pada pangsa pasar air minum cukup besar dalam 23 tahun terakhir antara lain karena yang produk kami benar-benar diminum langsung dan praktis," katanya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Siap-siap, PT KAI Bakal Suguhkan Kereta Panoramic

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Haji Eko, Ksatria Sebenarnya.

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:19 WIB

Wujudkan Parlemen Modern, Mungkinkah?

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:05 WIB
X