Soal RUU DOB Papua, PGI Minta Semua Pihak Hormati Proses Uji Materi di MK

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 20:00 WIB
PGI Minta Semua Pihak Hormati Proses Gugatan RUU DOB Papua di MK
PGI Minta Semua Pihak Hormati Proses Gugatan RUU DOB Papua di MK

JAKARTA- DPR RI telah mengesahkan tiga rancangan undang-undang daerah otonomi baru (RUU DOB) Papua dalam Rapat Paripurna pada Kamis, 30 Juni 2022. Tiga RUU tersebut adalah RUU Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan Tengah.

Terkait hal ini, Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) meminta semua pihak untuk menghormati proses uji materi yang sedang berlangsung.

Sebab saat ini masih berlangsung pengujian Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua di Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca Juga: Gegara Puntung Rokok, Jemaah Haji Berhamburan Keluar Hotel 509 Misfalah

Kepala Biro Papua PGI, Ronald Richard Tapilatu mengatakan, PGI tidak dalam rangka mendukung atau menolak penambahan wilayah baru di Papua. 

Meski demikian, ia mengatakan PGI memiliki tanggung jawab moral politik untuk mengingatkan semua pihak agar tidak gegabah mengambil langkah terkait RUU DOB ini.

"PGI tidak di posisi menolak atau menerima. PGI di posisi mengingatkan semua pihak ada proses hukum yang sementara berlangsung di MK. Sabar lah nunggu proses hukum selesai baru kita sama-sama melihat tindak lanjutnya,” kata Richard melalui siaran pers, Sabtu 2 Juli 2022. 

Baca Juga: Kader Murni PPP Diminta Perkuat Soliditas dan Tingkatkan Elektabilitas

Richard mengungkapkan, Majelis Rakyat Papua (MRP) yang menggugat RUU DOB ke MK memiliki banyak aspek pertimbangan, salah satunya terkait kesiapan Papua menambah provinsi baru. Sehingga, lanjutnya, langkah ini harus dihormati.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X