Kelompok Religius - Nasionalis Perlu Bekerjasama

- Senin, 4 Juli 2022 | 18:35 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat menyambangi Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Senin (4/7). (Biro Pemberitaan DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani saat menyambangi Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Senin (4/7). (Biro Pemberitaan DPR RI)

CIREBON, suaramerdeka-jakarta.com - Silaturahmi antara kelompok religius dan nasionalis, dinilai penting dilakukan. Apalagi untuk bekerjasama dalam memperjuangkan pembangunan bangsa.

"Oleh karenanya, dalam berbagai kesempatan berkeliling ke daerah-daerah, saya sering bertemu dengan para ulama," kata Ketua DPR RI Puan Maharani saat menyambangi Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Senin (4/7).

Selain itu, dia kerap mengunjungi ponpes di seluruh penjuru negeri. Dia mengaku, silaturahmi dengan para kiai adalah melanjutkan budaya keluarganya.

"Yakni untuk selalu bersilaturahmi dengan kelompok religius. Seperti yang selalu dilakukan sang kakek, Proklamator sekaligus Presiden pertama Indonesia, Soekarno," ujarnya.

Dimana ada tradisi berjuang bersama antara Bung Karno dengan para kiai di masa lalu. Yakni dalam rangka merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Perjuangan itu yang perlu dilanjutkan di masa sekarang. Yaitu dalam rangka menjaga dan mengawal negara Pancasila dan mengisi alam pembangunan bangsa Indonesia," tandasnya.

Dalam keaempatan itu, dia menyinggung komitmen pemerintah terhadap kesejahteraan kelompok religius. Yakni melalui Keppres Nomor 22 Tahun 2015, yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Penetapan Hari Santri menjadi bentuk pengakuan negara atas dedikasi dan perjuangan kelompok religius untuk bangsa. Pak Jokowi sebagai Presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), telah membuktikan pengakuannya terhadap peran santri," tegasnya.

Mengawasi
Khususnya dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. Dia mengatakan, DPR akan terus mengawal semua kebijakan.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X