Harga Avtur dan Tiket Pesawat Naik, Luhut Tetap Pede Penerbangan ke 5 Wisata Super Prioritas Tetap Ramai

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 15:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan kenaikan harga avtur jadi momok bagi seluruh maskapai di dunia, termasuk yang ada di Indonesia. (Screenshoot instagram/@luhut.pandjaitan)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan kenaikan harga avtur jadi momok bagi seluruh maskapai di dunia, termasuk yang ada di Indonesia. (Screenshoot instagram/@luhut.pandjaitan)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Data PT Pertamina (Persero) menunjukkan harga avtur di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Juni 2022 telah mencapai Rp16.555,88 per liter. Harga ini melonjak tajam dari Januari 2022 yang sebesar Rp10.654,98 per liter.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan kenaikan harga avtur jadi momok bagi seluruh maskapai di dunia, termasuk yang ada di Indonesia.

Kondisi ini membuat harga tiket yang dijual oleh maskapai ikut naik. Namun Luhut kembali menekankan, hal yang sama juga terjadi di negara lain.

"Memang bukan hanya kita, tapi dunia juga gitu (butuh solusi). Kemarin rapat dengan Menteri Keuangan AS di Bali, itu (mencari solusi) jadi salah satu pembicaraan," ujarnya di Hotel Mandarin Oriental, Jumat (15/7).

Baca Juga: Kemenko Perekonomian Buka Lowongan Kerja, Anda kah yang Dicari?

Menurutnya, AS mulai ketar-ketir dengan harga avtur saat ini di negaranya. Apalagi, ada perkiraan harga minyak mentah dunia bakal mencapai US$200 per barel, yang tentu akan membuat inflasi bisa makin tinggi.

Jika inflasi AS kembali meningkat maka Indonesia dan negara di seluruh dunia bisa terdampak. Apalagi kenaikan inflasi AS bakal direspon dengan kebijakan moneter yang lebih ketat.

"Jadi pemerintah sangat hati-hati mencermati ini, kita bertahap bertingkat dan berlanjut. Harga avtur sangat berpengaruh terhadap industri pesawat, Pak Menhub juga hati-hati," kata dia.

Baca Juga: KemenKopUKM Gencarkan Sosialisasi UU Cipta Kerja

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Stadion Kanjuruhan Harus Diinvestigasi Total

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:11 WIB

3000 Pohon Bakau Ditanam di Pesisir Pantai Jakarta

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:03 WIB

Kapolri; Persatuan-Kesatuan adalah Kunci

Minggu, 2 Oktober 2022 | 06:15 WIB

Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas Lewat Jarkom

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:36 WIB

Soal Tanam Maju, Ini Penjelasannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:44 WIB
X