Soal Kasus Mardani Maming, Gus Salam Kritik Ketua Umum PBNU Lewat Surat Terbuka

- Kamis, 21 Juli 2022 | 20:33 WIB
Wakil Ketua PWNU Jawa Timur (Jatim) KH Abdus Salam Shohib (Istimewa)
Wakil Ketua PWNU Jawa Timur (Jatim) KH Abdus Salam Shohib (Istimewa)

SURABAYA- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pimpinan KH Yahya Cholil Staquf dengan Sekjen Saifullah Yusuf mendapatkan kritik tajam dari Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdus Salam Shohib.

Kritik tersebut berkaitan dengan masalah yang dialami Bendahara Umum (Bendum) PBNU Mardani H Maming yang saat ini menjadi tersangka KPK dalam dugaan suap dan gratifikasi IUP Tanah Bumbu. Dalam persoalan ini, PBNU membela Mardani.

Abdus Salam Shohib lalu membandingkan dengan masalah Katib Demisioner PCNU Jombang Ahmad Syamsul Rizal, yang telah disanksi hanya berdasar tuduhan yang tendensius dan subyektif.

Baca Juga: Bermitra dengan 101 Kampus, Beasiswa Cendekia Baznas Sasar 2.000 Mahasiswa

Kritikan Gus Salam, sapaan akrab Abdus Salam Shohib, disampaikan melalui Surat Terbuka yang kini beredar di grup percakapan WA, Kamis 21 Juli 2022. 

“Saya heran dengan PBNU (Ketum dan Sekjen), ketika Bendum (Mardani H Maming) jelas-jelas bermasalah hukum yang bikin malu organisasi serta meruntuhkan marwah jamiyyah, sama sekali tidak ada upaya untuk menertibkannya, apakah hanya dengan sekedar menonaktifkan sampai masalahnya selasai,” tulis Gus Salam melalui Surat Terbuka.

Surat Terbuka itu diberi judul ‘Ironi’ dan dia kirim ke personal-personal tokoh NU.

Baca Juga: Duet Ganjar-Airlangga Ideal Diusung KIB

Gus Salam menulis, dirinya belum pernah mendengar Bendum PBNU Mardani H Maming yang dibela dengan mengatasnamakan PBNU berkontribusi dan berkhidmah untuk NU secara jamiyyah (bukan kepada personal atau oknum PBNU).

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HT Pimpin Konsolidasi & Bimtek Partai Perindo

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:46 WIB

Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:22 WIB

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 09:37 WIB
X