Masyarakat Diajak Hargai Keberagaman di Dunia Digital

- Jumat, 22 Juli 2022 | 12:00 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- Teknologi mengubah kebiasaan, perilaku, dan pemikiran manusia. Semakin hari dunia terasa semakin dekat meski tidak akrab. Interaksi dunia maya mendominasi karena kemudahan, kecepatan, serta dinilai lebih efektif dan efisien. Laporan peristiwa dan opini tidak lagi dimonopoli madia massa. Publik saat ini bisa menjadi media bagi dirinya sendiri.

Saat ini hampir semua bidang kehidupan terpengaruh proses digitalisasi. Efek digital akan dirasakan semua kelompok di masyarakat. Sayangnya, banyak yang hanya bisa menjadi penerima tanpa punya kemampuan untuk merespon dengan baik, mengolah dan mengelola pesan tersebut.

Demikian dikatakan Chief Editor MNC Multimedia Network Gaib Maruto Sigit, S.Sos., M.Ikom pada Webinar Ngobrol Bareng Legislator, Kamis 16 Juni 2022 dengan tema Interaksi di Ruang Digital: Hargai Perbedaan, Hormati Keberagaman.

Baca Juga: Alamaak! Harga Jual Emas Antam di Posisi Rp965 Ribu per Gram Hari Ini

Hadir sebagai pembicara anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani Pengerapan BSc dan Penyair, Pemerhati Budaya, Wartawan Senior HU Suara Merdeka Benny Benke.

Gaib mengungkapkan data hasil Survei Microsoft yang menyatakan bahwa netizen Indonesia paling tidak sopan se-Asia Tenggara sehingga hal ini menjadi bukti bahwa kita lemah dalam membangun kesadaran digital dan digital ethics.

Terhadap itu, dia mengingatkan hal-hal yang harus dilakukan yakni pesan di dunia digital memiliki efek serius dalam kehidupan nyata, edukasi sejak dini, cek ricek dan berpikir ulang sebelum posting, jaga etika dan emosi, jaga data pribadi dan rajin menelusuri informasi yang diperoleh.

Baca Juga: Musim Anak Sekolah Hingga Perkuliahan Kerek Penjualan Sepatu Bata

Dia menjelaskan minimnya pemahaman publik tentang digital skills, dIgital ethics, dan digital safety telah menyebabkan banyak pengguna internet yang tersesat di belantara digital.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X