Tren Covid-19 Naik, DPR Minta Pemerintah Kembali Berlakukan Kebijakan Gas dan Rem

- Senin, 25 Juli 2022 | 17:45 WIB
Proses PTM di sekolah harus mendapatkan perhatian pemerintah di tengah kenaikan kasus Covid-19. (Ilustrasi : freepik)
Proses PTM di sekolah harus mendapatkan perhatian pemerintah di tengah kenaikan kasus Covid-19. (Ilustrasi : freepik)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Tren Covid-19 di Indonesia kembali naik dengan semakin bertambahnya jumlah kasus positif Covid-19. Kenaikan ini menyusul munculnya subvarian Omicron baru, baik BA 4, BA 5, maupun BA 2.75.

Karena itu, DPR RI meminta pemerintah dan seluruh stakeholder memberi perhatian lebih kepada penerapan pembelajaran tatap muka di sekolah. Termasuk dengan pengetatan kembali protokol kesehatan demi mencegah peningkatan kasus terhadap anak-anak.

Anggota Komisi IX DPR, Rahmad Handoyo mengingatkan pemerintah terus mewaspadai tren kenaikan kasus Covid-19, khususnya antisipasi penyebaran dalam proses belajar mengajar secara tatap muka di sekolah.

“Saya kira kita semua harus meningkatkan kewaspadaan terutama bagi anak-anak kita seiring dengan munculnya subvarian BA 2.75. salah satunya tentu dengan meningkatkan kembali protokol kesehatan,” ujar Rahmad, Senin (25/7/2022).

Baca Juga: DAMRI Hadirkan Layanan Vaksinasi Booster dan Rapid Test Antigen untuk Masyarakat

Menurutnya, langkah pemerintah menggencarkan kembali program vaksinasi lengkap dan booster pada masyarakat patut diapresiasi. Namun, hal tersebut juga harus dibarengi dengan penerapan prokes secara ketat. Pasalnya, subvarian Omicron tersebut tetap bisa menyerang orang yang sudah mendapatkan booster sekalipun.

“Harus diikuti dengan prokes yang disampaikan presiden juga tepat saatnya kembali kita menggunakan masker. Gas dan rem perlu dilakukan lagi dengan konsisten, bila adanya penurunan dilakukan pelonggaran, atau penyesuaian,” tukas Rahmad.

Ketua DPR RI, Puan Maharani juga mengingatkan Dinas Pendidikan di tiap-tiap daerah agar lebih banyak turun ke lapangan untuk mengecek sekolah-sekolah di wilayahnya. DPR, melalui Komisi X juga akan ikut melakukan pengawasan.

Dia menyatakan, perlu dilakukan peninjauan penerapan protokol kesehatan di sekolah-sekolah, termasuk bagaimana sistem pengaturan social distancing dan berbagai aturan pendukung pencegahan penyebaran Covid-19 yang harus lebih efektif.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Tragedi Stadion Kanjuruhan Harus Diinvestigasi Total

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:11 WIB

3000 Pohon Bakau Ditanam di Pesisir Pantai Jakarta

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:03 WIB

Kapolri; Persatuan-Kesatuan adalah Kunci

Minggu, 2 Oktober 2022 | 06:15 WIB

Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas Lewat Jarkom

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:36 WIB

Soal Tanam Maju, Ini Penjelasannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:44 WIB
X