Tunggu Giliran Naik Lift di Pemondokan Jemaah Memang Perlu Kesabaran

- Selasa, 26 Juli 2022 | 00:02 WIB

SOAL lift di pemondokan, lain Makkah, lain Madinah. Saat di Makkah, keberadaan lift seperti tak terlalu menjadi persoalan. Tapi lain halnya di Madinah, di jam-jam menjelang dan bubaran shalat di Masjid Nabawi.
Antriannya cukup luar biasa.

Di satu hotel di sektor 1 misalnya, antrian menggerombol tak terhindarkan. Mengingat ada 5 kloter, artinya kurang lebih ada 2.000 jemaah yang tergabung, membuat 6 lift yang disediakan pihak hotel langsung diserbu jemaah.

Bahkan keberadaan lift itu sempat memakan korban pada Minggu (24/7/2022). Salah satu jemaah asal JKS 23 Bandung Barat, Fano sempat pingsan pada saat menunggu di depan lift.

Petugas yang sempat memberikan upaya penanganan sempat kesulitan karena antrian tak mencair untuk membuka ruang.

Baca Juga: Menko PMK Sambut Kepulangan Jamaah Haji di Soetta

Antrian sendiri memang berlangsung ketat. Tak jarang antarjemaah terkesan adu cepat sehingga begitu pintu lift terbuka seperti terdorong langkah yang tak sabar menuju kamarnya yang tersebar di banyak tingkat.

Karenanya, di lapangan, situasinya tak jarang cenderung semrawut mengingat kerumunan-kerumunan yang tercipta tak beraturan di depan lift.

Sehingga mereka yang cari jalan pintas, berpindah ke lain lift memanfaatkan momentum, langsung disoraki. Jemaah yang hendak keluar lift pun harus keluar ekstra tenaga karena dikepung jemaah lainnya yang hendak masuk lift.

Untuk melakukan pengaturan, sekilas memang seperti sulit. Hanya terlihat operator dari pihak hotel yang berusaha mengatur di lift kapasitas paling besar.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Stadion Kanjuruhan Harus Diinvestigasi Total

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:11 WIB

3000 Pohon Bakau Ditanam di Pesisir Pantai Jakarta

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:03 WIB

Kapolri; Persatuan-Kesatuan adalah Kunci

Minggu, 2 Oktober 2022 | 06:15 WIB

Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas Lewat Jarkom

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:36 WIB

Soal Tanam Maju, Ini Penjelasannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:44 WIB
X