PP SDI Ingin Bantu Atasi Ketidakadilan tentang Konflik Pertanahan di Indonesia

- Selasa, 26 Juli 2022 | 08:09 WIB
Ketua Umum PP SDI, M. Andrean Saefudin  (Dok. PP SDI)
Ketua Umum PP SDI, M. Andrean Saefudin (Dok. PP SDI)

JAKARTA– Pengurus Pusat Sarekat Demokrasi Indonesia (PP SDI) bersuara mengenai masalah sengketa tanah yang kian marak terjadi di Indonesia.

Menurut Ketua Umum PP SDI M. Andrean Saefudin, sengketa yang terjadi si Tanah Air beragam seperti mafia tanah, harta warisan, perampasan lahan dan lain-lain. 

"Dalam kasus pertanahan bukan saja melibatkan stakeholder dari negara itu sendiri, namun juga pada banyak organisasi kemasyarakatan maupun perorangan," kata Andrean Saefudin melalui keterangannya, Selasa 26 Juli 2022.

Baca Juga: Staf Ahli Menteri Keuangan Pastikan Rasio Penerimaan Pajak Terhadap PDB Belum Optimal

Jika melihat pada konsep UUD 1945 yang mengatur tentang hak-hak penguasaan bumi, air, ruang angkasa dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dan diperuntukkan kemakmuran rakyat seperti tertulis dalam pasal 33 ayat 3 UUD 1945.

"Namun, dalam prakteknya banyak penyalahgunaan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu terkait penguasaan tanah ini, mulai dari hak pakai dan hak sewa sehingga menimbulkan masalah baru. Yang mana merugikan perorangan maupun negara," tegasnya.

Dia menuturkan, pemerintah saat ini memiliki semangat Reforma Agraria. Pertama adalah proses restrukturisasi (penataan ulang susunan) kepemilikan, kedua penguasaan dan yang ketiga adalah penggunaan sumber-sumber agraria (khususnya tanah) agar negara dapat dapat menyelesaikan persoalan pertanahan dengan tujuan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Beijing

Saat ini banyak masalah yang timbul dalam sengkata pertanahan di antaranya tentang Hak Sewa dan Hak Pakai. 

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kebijakan Satu Peta Percepat Pemulihan Ekonomi

Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:36 WIB

KIB Bisa Majukan Capres dari Hasil Konvensi

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:53 WIB

SSI: Prabowo Tinggal Tunggu Lawan di Pilpres 2024

Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:08 WIB
X