Harga Tiket Pesawat Melambung, PELNI Lihat Peluang Kenaikkan Penumpang

- Selasa, 26 Juli 2022 | 21:27 WIB


JAKARTA.suaramerdeka-Jakarta.com -- Disinyalir, kenaikan tarif tiket pesawat tampaknya sudah tidak bisa dihindari. Hal itu disebabkan adanya peningkatan harga bahan bakar pesawat (avtur) serta airport tax pada Agustus mendatang. PELNI melihat peluang kenaikkan penumpangnya.

Kemungkinan masyarakat untuk beralih ke moda transportasi yang lebih terjangkau menjadi semakin tinggi. Menurut pengamat transportasi Djoko Setijowarno, moda angkutan laut seperti kapal dan penyeberangan laut bisa menjadi alternatif untuk masyarakat bepergian.

“Kapal laut milik PELNI misalnya, yang mendapatkan PSO oleh pemerintah dan dapat memuat banyak penumpang, tarifnya pun masih bisa dijangkau oleh masyarakat,” kata Djoko.

Baca Juga: DAMRI Hadirkan Layanan Bandara Komodo – Labuan Bajo

Moda transportasi yang sering dipilih masyarakat seperti pesawat terbang juga dinilai akan mengalami kenaikan operasional karena tingginya harga avtur dan rencana kenaikan airport tax.

Alternatif memilih kapal laut menjadi transportasi untuk bepergian lintas daerah di Indonesia menjadi semakin memungkinkan. Karena menurutnya, selain bisa bepergian dengan harga transportasi yang lebih terjangkau, masyarakat juga dapat menikmati alam laut dengan pelayanan di atas kapal yang saat ini semakin mumpuni.

“Moda angkutan laut mesti mengambil kesempatan ini sebagai cara untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas di kapal. Pasca pandemi banyak sekali orang yang butuh liburan untuk melepas penat. Tinggal bagaimana caranya pelayanan di kapal laut ditingkatkan supaya masyarakat betah dan ingin berlama-lama berlayar,” jelasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi & Presiden Xi Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi hingga Isu Kawasan dan Dunia

Vice President Usaha Penumpang Non Komersil PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT PELNI), Presda Simangasing, mengatakan sebagai operator kapal milik negara, PT PELNI terus melakukan pembenahan demi memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Tidak hanya via situs saja, pembelian tiket sekarang sudah bisa melalui aplikasi di ponsel pintar. Lebih mudahnya lagi, masyarakat juga dapat datang ke minimarket terdekat atau agen perjalanan resmi yang bekerjasama dengan PT. PELNI untuk membeli tiket kapal PT PELNI,” jelas Presda.

Dia juga menambahkan, perjalanan dengan kapal laut sekarang semakin menyenangkan karena PT PELNI memberikan one stops solution bagi masyarakat yang bepergian.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan PM Li Keqiang



“Kami memanjakan para penumpang dengan menyediakan hiburan seperti live music, mini bioskop atau play station. Kemudian, kami juga memiliki Pelni Mart, Mini Butik dan Dapoer Pelni bagi para penumpang yang ingin berbelanja di atas kapal, serta adanya Klinik dan tempat beribadah diatas kapal” kata Presda.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut saat ini mengoperasikan 26 Kapal Penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 44 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP) di mana Kapal Perintis menyinggahi 281 pelabuhan dengan total 3.695 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 16 Kapal Rede. Untuk pelayanan bisnis logistik, saat ini PELNI mengoperasikan 10 trayek Tol Laut serta satu trayek khusus untuk angkutan ternak.

Baca Juga: Diduga Merasa Tertipu, Dirut PT Bumi Bintang Bersatu Laporkan Mantan Investor ke Polda Metro Jaya
***

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertagas Raih 4 Penghargaan CSR & PDB Award 2023

Rabu, 1 Februari 2023 | 18:57 WIB

Gudang Kripto Gandeng Mahasiswa UNJ Bangun Negri

Rabu, 1 Februari 2023 | 15:48 WIB

Aliando Syarief Sambangi Coach Rheo

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:48 WIB

Rian Ernest Resmi Jadi Kader MKGR

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:21 WIB

Instruksi Jokowi, Stabilkan Harga Beras!

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:43 WIB
X