Hadirkan Jemaah Tangguh, Penyegaran Istithaah Bisa Jadi Jurus Ampuh

- Kamis, 28 Juli 2022 | 17:29 WIB

ISTITHAAH jemaah menjadi persyaratan melekat dalam pelaksanaan ibadah haji. Hanya saja, tak jarang, keterangan kemampuan melaksanakan ibadah yang menguras fisik terutama dari sisi kesehatan ini tak menggambarkan kondisi sesungguhnya.

Bahkan, itu bisa saja mengejutkan tenaga kesehatan haji (TKH) di musim haji kali ini misalnya. Ujung-ujungnya, jemaah mendapat penanganan bahkan atensi tersendiri. Memang, ada pemetaan melalui jemaah risiko tinggi (Risti) tapi celah yang sebenarnya bisa diantisipasi dari awal, semestinya dioptimalkan.

Menurut Wakil Kepala Seksi Kesehatan Daker Madinah, Ahmad Zulfahmi, persoalan istithaah itu memang memerlukan atensi semua pihak. Terlebih, pelaksanaan ibadah haji memang tidak ringan.

Pihaknya sendiri mengaku sudah melakukan beragam kajian, termasuk melakukan studi banding. Di antaranya dengan Malaysia dalam memberangkatkan warganya sebelum ditetapkan menjadi jemaah haji.

Baca Juga: Menko PMK Sambut Kepulangan Jamaah Haji di Soetta

Ada satu tahapan yang dinilainya perlu dipertimbangkan. Mereka yang baru daftar, mesti mengikuti semacam tes ini. Tesnya berupa melakukan tawaf yang berjumlah 7 putaran laiknya yang akan banyak dilakukan di Tanah Suci.

"Tes tawaf, semacam simulasi seperti halnya kondisi di sana. Terkesan mudah, tapi ini gak gampang lho apalagi bagi yang tak terbiasa beraktivitas olahraga misalnya," jelasnya di KKHI Madinah, awal pekan ini.

Bagi yang kepayahan, keputusannya akan menyesuaikan. Mereka bisa diarahkan untuk mengikuti umrah saja. Lebih dari itu, tes tersebut diharapkan bisa menjadi gambaran situasi bagi jemaah untuk mulai mengantisipasi sejak dini sebelum benar-benar menjalani tahapan sesungguhnya.

Baca Juga: Kemenag RI dan Kemenhaj Saudi Bentuk Tim Bersama Siapkan Haji 2023

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Stadion Kanjuruhan Harus Diinvestigasi Total

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:11 WIB

3000 Pohon Bakau Ditanam di Pesisir Pantai Jakarta

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:03 WIB

Kapolri; Persatuan-Kesatuan adalah Kunci

Minggu, 2 Oktober 2022 | 06:15 WIB

Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas Lewat Jarkom

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:36 WIB

Soal Tanam Maju, Ini Penjelasannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:44 WIB
X