Safari Politik Merupakan Keniscayaan

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 11:30 WIB
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya. (Saktia Andri Susilo)
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya. (Saktia Andri Susilo)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Silaturahim atau safari yang dilakukan para politisi, dinilai merupakan keniscayaan bagi partai politik menjelang Pemilu 2024. Apalagi, parpol membutuhkan kawan koalisi menghadapi pesta demokrasi lima tahunan.

"Partai NasDem akan menerima dengan senang hati, jika nantinya Mba Puan (Ketua DPP PDIP Puan Maharani - Red) akan bersilaturahim dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh," kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, Sabtu (30/7).

Menurutnya, Surya Paloh memiliki hubungan historis yang baik dengan orang tua Puan, yakni Taufiq Kiemas dan Megawati Soekarnoputri. Sehingga bila Puan ingin bertemu, tentu akan disambut dengan hangat.

"Silaturahmi merupakan sebuah keniscayaan. Karena siapapun butuh teman. Jadi, bagus kalau (pertemuan) itu terjadi," ujarnya.

Dikatakan, safari atau silaturahmi antar elit parpol secara tidak langsung memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Artinya, untuk membangun suatu kesepahaman dalam arti luas.

"Jadi tak hanya untuk koalisi, proses dialog tersebut bisa tersampaikan kepada publik. Kalau ada dialog, artinya proses di dalam memutuskan banyak hal," tandasnya.

Karena tidak hanya momentum pilpres untuk bisa membangun kesepahaman. Sebelumnya, Puan telah memberitahu perihal tugas barunya dari Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri untuk mengurusi penjajakan koalisi.

"Penjajakan akan dimulai segera, mengingat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP telah usai. Saya juga ditugaskan Ketua Umum untuk bersilaturahmi dengan semua ketua umum," tegasnnya.

Tak hanya itu, Puan juga menyatakan bahwa PDIP akan membangun kerja sama dengan berbagai parpol. Meski telah memenuhi prasyarat presidential threshold, PDIP tetap membutuhkan kerja sama dengan partai lain dalam hal membangun bangsa.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

X