Indonesia Digital Nation Perlu Sinerji Pemerintah dan Masyarakat.

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 07:46 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-Indonesia saat ini sedang menuju Indonesia digital nation yakni sebuah jalan menuju bagaimana Indonesia dapat bertransformasi digital karena di era industri 4.0, kemajuan teknologi tidak dapat dibendung lagi, termasuk teknologi digitalisasi yang merupakan suatu keniscayaan.

Ada tiga pilar dalam mewujudkan Indonesia national nation yang harus disinerjikan yakni pemerintahan digital (regulasi, kebijakan dan pengelian), masyarakat digital (aktivasi digital, aplikasi dan infrastruktur digital) dan ekonomi digital (SDM digital, teknologi penunjang serta riset dan inovasi diital).

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kebumen Hj. Ristawati Purwaningsih, S.ST. MM saat tampil sebagai pembicara pada Webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan tema Tantangan Masyarakat Menuju Indonesia Digital Nation, Jumat, 8 Juli 2022.

Baca Juga: Viral di Tiktok Lagu 'Sumpah dan Cinta Matiku' Milik Nidji, Banyak Dijadikan Backsound Kasus Brigadir J

Selain Wakil Bupati Kebumen, para pembicara pada Webinar itu adalah Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto, Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan, BSc, dan Presenter Zahra Salimah.

Kabupaten Kebumen memiliki komitmen untuk mendukung terwujudnya Indonesia digital nation. Hal ini tercantum dalam visi dan misi yakni peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelayanan birokrasi yang responsive serta penerapan e-gov dan open-gov terintegrasi;

Adapun regulasi yang mendukungnya antara lain Perda Kebumen No. 4/2018 Tentang Penyelenggaraan SPBE Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen dan Perjanjian Kerjasama Diskominfo Kebumen dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE),

Baca Juga: Persib Bandung Ingin Bangkit, Tapi Lawan Selanjutnya Runner up Piala Presiden

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Nomor 555/0688 dan PERJ.66/BSSN/BS/KH.01.02/05/2019 tentang Pemanfaatan Sertifikat Elektronik pada Sistem Elektronik di Pemerintah Kabupaten Kebumen.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peta Koalisi Masih akan Berubah

Senin, 26 September 2022 | 20:38 WIB

Diperhitungkan Prabowo, Ridwan Kamil Tak Mau Ge-er

Senin, 26 September 2022 | 16:52 WIB

Kelompok Buruh Samarinda Dukung Firli Maju Pilpres

Senin, 26 September 2022 | 16:38 WIB

Ketua Umum Dewan LVRI:Pancasila,Kunci Persatuan

Senin, 26 September 2022 | 16:28 WIB

Riko Dapat Perhatian Media Ceko. Kudela: Dia Hebat!

Senin, 26 September 2022 | 11:05 WIB
X