Cegah Kebakaran Kapal di Pelabuhan Perikanan, KNKT gelar Focus Group Discussion (FGD)

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 23:15 WIB

 

TEGAL,suaramerdeka-jakarta.com.- Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mencatat sebanyak 483 insiden kecelakaan kapal perikanan Indonesia kurun waktu 2018-2021.
Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan bahwa hal ini harus segera dibenahi mengingat banyaknya jumlah kecelakaan dan korban jiwa.
KNKT menilai pelayaran kapal-kapal ikan dari tahun ketahun kecelakaannya tidak berkurang, bahkan bertambah banyak.


Guna menekan fatalitas dan menindaklanjuti hasil FGD dan pembahasan yang dilakukan beberapa kali di kurun waktu 2018-2021, KNKT kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) di mana FGD kali ini bertajuk Implementasi Sistem Manajemen Keselamatan sebagai Upaya Mencegah Kebakaran Kapal di Pelabuhan Perikanan.


Acara FGD sendiri digelar di kota Tegal Kamis,(4/7. Kota Tegal sendiri merupakan kota yang yang mempunyai pelabuhan perikanan cukup besar di pulau Jawa dimana ribuan kapal ikan hilir mudik dipelabuhan perikanan kota Tegal.

Baca Juga: Dampak Kasus Kematian Brigadir J, Kapolri Mutasi 15 Personel Polri


FGD menampilkan sejumlah nara sumber antara lain Wakil Ketua KNKT Haryo Satmiko yang berbicara mengenai investigasi kecelakaan kapal perikanan,Asisten Deputi Navigasi Keselamatan Kantor Kemenkomarves Nanang Widiatmojo yang memaparkan materi tentang koordinasi rencana aksi tindak lanjut penanganan kebakaran di pelabuhan perikanan, Subkoordinator Tata Laksana dan Tertib Bandar Kesyahbandaran di Pelabuhan Perikanan Zulfikar,S.St,PI,MSi, Singgih, HNSI (Himpunwn Nelayan Seluruh Indonesia), Retno Widya Ningsih,

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Mas Semarang, dan Praktisi Asuransi Surachman Jusuf yang membahas dukungan asuransi dalam operasional kapal perikanan.
FGD dibagi 2 sesi dimoderatori wartawan senior liputan Perhubungan Budi Nugraha yang juga wartawan Harian Umum Suara Merdeka.


Saat membuka acara,Ketua KNKT Soerjanto menerangkan, FGD ini merupakan kelanjutan FGD
yang dilaksanakan di Pati 17 November 2021 lalu, di mana kegiatan ini ditujukan untuk membahas keselamatan kapal perikanan dan mencari solusi atas permasalahan yang dialami oleh para nelayan.

Baca Juga: Jiwater, Air Mineral Teknologi Jepang

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Haji Eko, Ksatria Sebenarnya.

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:19 WIB

Wujudkan Parlemen Modern, Mungkinkah?

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:05 WIB
X