Usung Politik Kebangsaan, KIB Daftar Bersama ke KPU

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:47 WIB
Para ketua umum parpol yang tergabung dalam KIB. (Dok/Ist.)
Para ketua umum parpol yang tergabung dalam KIB. (Dok/Ist.)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Tiga partai politik anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), berencana mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara bersama pada 10 Agustus mendatang. Hal itu bisa dimaknai sebagai pesan mengusung semangat persatuan.

"Secara simbolik, pesan persatuan itu mau disampaikan lewat kebersamaan KIB dalam mendaftar sebagai peserta pemilu," kata Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo di Jakarta, Jumat (5/8).

Menurutnya, koalisi tiga parpol itu diharapkan bisa konsisten untuk memperjuangkan politik kebangsaan. Sekaligus menolak politik identitas.

"Politik identitas kontraproduktif dengan persatuan nasional. Semoga KIB konsisten menjaga persatuan nasional, dengan mengusung dan memperjuangkan politik kebangsaan dan politik gagasan," ujarnya.

Selain itu, KIB diharapkan konsisten menolak politik identitas. Sebab hal itu mengoyak persatuan dan membelah masyarakat lewat polarisasi masif.

"KIB juga diharapkan mampu menerjemahkan semangat persatuan. Sehingga menjadi aksi dan tindakan yang konkret," tandasnya.

Membumi
Dikatakan, pesan simbolik tersebut diharapkan dapat membumi dalam aksi nyata. Tertutama dalam menjaga persatuan bangsa di tengah masyarakat.

"Dan tidak tergoda untuk mempraktikkan politik identitas," tegasnya. Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, kunci mengatasi berbagai persoalan dan konflik adalah persatuan.

Menurutnya, beragam tantangan bakal dihadapi bangsa Indonesia. Mulai dari tantangan perfect storm 5C, yaitu Covid-19, conflict (konflik), climate change (perubahan iklim), commodity prices (harga komoditas), dan cost of living (biaya hidup).

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Siap-siap, PT KAI Bakal Suguhkan Kereta Panoramic

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Haji Eko, Ksatria Sebenarnya.

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:19 WIB

Wujudkan Parlemen Modern, Mungkinkah?

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:05 WIB
X