Safari Rakyat Ala Puan Maharani Dianggap Lebih Efektif Ketimbang Safari Politik

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 17:40 WIB
Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Silvanus Alvin bersama Presiden Joko Widodo. (dok. Istimewa)
Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Silvanus Alvin bersama Presiden Joko Widodo. (dok. Istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Langkah Ketua DPR RI Puan Maharani yang lebih banyak turun ke bawah dengan menemui masyarakat dianggap lebih efektif daripada safari politik yang belakangan sering dilakukan tokoh-tokoh politik menjelang Pemilu dan Pilpres 2024.

“Sebagai Ketua DPR, dengan melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah seperti ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua, Puan Maharani seperti memberi contoh bagaimana pimpinan legislator yang baik. Saya kira langkah ini patut diapresiasi,” ujar Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Silvanus Alvin, Jumat (5/8/2022).

Menurut dia, Puan memahami betul tugas dan tanggung jawabnya sebagai Ketua DPR meski sebagai salah satu elite politik nasional juga punya peranan penting menjalin komunikasi dengan para petinggi partai lain.

Baca Juga: Usung Politik Kebangsaan, KIB Daftar Bersama ke KPU

Sebagai Ketua DPR, lanjut Alvin, Puan mengambil keputusan tepat dengan memilih melakukan safari rakyat, alih-alih safari politik untuk tetap menyerap aspirasi masyarakat sekaligus sosialisasi program-program dari pemerintah dan parlemen.

Apalagi, politisi PDI Perjuangan tersebut juga membuktikan kinerja DPR terlihat dengan pengesahan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) yang sudah lama diperjuangkan oleh berbagai elemen masyarakat. Puan juga dinilai konsisten memperjuangkan kepentingan maupun perlindungan bagi perempuan dan anak, termasuk lewat RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak.

“Langkah tersebut berimplikasi besar dan melahirkan banyak dukungan dari elemen masyarakat. Tak heran kalau banyak dukungan datang untuk Puan Maharani karena dedikasinya dalam mengemban amanah sebagai wakil rakyat,” tutup Alvin.***

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Siap-siap, PT KAI Bakal Suguhkan Kereta Panoramic

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Haji Eko, Ksatria Sebenarnya.

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:19 WIB

Wujudkan Parlemen Modern, Mungkinkah?

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:05 WIB
X