KWP Diharapkan Ikut Wujudkan Parlemen Modern

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:24 WIB
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR RI Dimyati Natakusumah saat membuka Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI. (Dok. KWP)
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR RI Dimyati Natakusumah saat membuka Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI. (Dok. KWP)

LOMBOK TENGAH, suaramerdeka-jakarta.com - Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) diharapkan dapat ikut membantu mewujudkan parlemen modern. Hal itu mengingat media dapat menjembatani langkah dan tujuan dari parlemen modern.

"Kita tahu, hampir sebagian besar masyarakat tidak mengetahui anggota atau wakil mereka yang berasal dari daerah pemilihannya," kata Sekjen DPR RI Indra Iskandar di Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (5/8).

Hal itu disampaikannya dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI bertema Perkuat Kolaborasi Media dan Parlemen, Wujudkan Parlemen Modern. Menurutnya, mewujudkan parlemen modern menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Termasuk media yang tergabung dalam KWP. Sehingga, tercipta transparansi kinerja setiap anggota DPR RI di setiap rapat-rapat komisi maupun Alat Kelengkapan Dewan," ujarnya.

Dikatakan, untuk menuju parlemen modern memiliki target dan tujuan yang jelas. Yaitu mengetahui kinerja setiap anggota Dewan.

"Terutama dalam bekerja menjalankan amanat konstitusi dan mengemban aspirasi rakyat. Untuk meraih itu, tentunya diperlukan beberapa indikator," tandasnya.

Yang pertama adalah transparansi, agar media mudah dalam mengemban tugasnya. Selanjutnya, teknologi informasi, untuk membuka akses bagi masyarakat.

"Dan yang terakhir fungsi reprentasi," tegasnya. Sebelumnya, Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR RI Dimyati Natakusumah mengatakan, KWP adalah bagian dari parlemen itu sendiri.

"Sehingga, KWP memiliki peran penting dalam menjaga citra DPR. Ini bukan berarti mengkooptasi, karena masukan ke dalam tetap dapat dilakukan," tuturnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Siap-siap, PT KAI Bakal Suguhkan Kereta Panoramic

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Haji Eko, Ksatria Sebenarnya.

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:19 WIB

Wujudkan Parlemen Modern, Mungkinkah?

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:05 WIB
X