Jadi Kelompok Rentan, Perlu Kesiapsiagaan Perempuan Dalam Penanggulangan Bencana

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 16:31 WIB
perempuan selalu menjadi kelompok yang paling rentan pada setiap bencana. (Foto: Dok Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPRB) DKI Jakarta)
perempuan selalu menjadi kelompok yang paling rentan pada setiap bencana. (Foto: Dok Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPRB) DKI Jakarta)

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-Peran perempuan saat penanggulangan bencana dinilai sangat penting, mengingat setiap kali bencana kaum hawa menjadi kelompok paling rentan dan sering terabaikan dalam penanganannya.

Demikian diungkapkan Presidium Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPRB) DKI Jakarta, Prof. Dr. Ahmad Syahid di sela-sela acara Workshop Pengembangan Modul Partisipasi Perempuan Dalam Penanggulangan Bencana di DKI Jakarta dan Kabupaten Tangerang, di Jakarta (4/8).

"Jangan sampai mereka menjadi kelompok rentan yang hanya bergantung pada kaum lelaki saja," imbuh Syahid yang juga Wakil Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut.

Ragam bencana di Jakarta dan Kabupaten Tangerang, lanjut guru besar psikologi UIN tersebut secara umum sama dengan bencana di daerah lainnya di Indonesia, seperti gempa bumi, banjir, kebakaran, rob dan lain-lain,

Baca Juga: Situasi Dunia Penuh dengan Ketidakpastian

tetapi ada juga bencana yang secara spesifik hanya menjadi tipikal di DKI Jakarta, seperti polusi udara, polusi air, pengelolaan sampah, penurunan permukaan bumi, dll.

"Untuk membangun kesiap-siagaan perempuan dalam penanggulangan bencana sudah waktunya bagi kalangan perempuan dibukakan informasi dan akses pengambilan kebijakan,t ermasuk sumber pendanaan,  tandasnya.

Partisipasi perempuan, lanjut Syahid di dalam penanggulangan bencana, juga dilakukan bukan hanya akses informasi namun juga dalam sosialisasi, edukasi, advokasi, termasuk mengantisipasi kelompok rentan, pada individu, keluarga, dan komunitas.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemilu 2024 Harus Sesuai Harapan Publik

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:11 WIB

Mahasiswa Apoteker dan UTA '45 Serukan Boikot PN UKAI

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:05 WIB
X